METROPOLITAN – Belasan stan berbaris rapi di sepanjang pintu masuk depan Vihara Dhanagun, Jalan Raya Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Stan yang menyediakan beragam barang dagangan itu, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk sekadar melihat hingga berbelanja. Tak heran, puluhan pengunjung silih berganti di vihara pusat kota hujan sejak pukul 09:00 WIB.

Beragam kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan ringan, minuman, pakaian, hingga aneka macam lainnya, turut dijajakan para pedagang. Para sejumlah pengguna jalan dan pengunjung pasar pun langsung berdatangan. Tak hanya itu, se­rangkaian kegiatan juga dise­diakan panitia sejak pagi hingga malam. Mulai dari marawis, barongsai, drumband hingga paduan suara ikut memeriahkan kegiatan bertajuk Bazar Rakyat.

Salah satu pengunjung Bazar Rakyat Ani mengaku, dirinya datang ke tempat tersebut se­cara tak sengaja melintas saat hendak pergi ke pasar Surya­kencana. Menurutnya ini meru­pakan kali pertama baginya berkunjung di Bazar Pesta Ra­kyat. Ani menilai kegiatan ter­sebut syarat akan kebudayaan dan keragaman.

”Bagi saya ini merupakan pengalaman pertama kali. Sunggu pengalaman yang luar biasa bagi saya, bisa berbe­lanja di Vihara seperti ini se­kaligus menikmati tradisi dan adat di tempat ini,” tutur ibu yang datang bersama kedua anaknya tersebut.

Hal senada juga dikatakan Randy (20). Remaja asal Cilebut itu sengaja datang dari rumah­nya untuk menikmati nuansa perayaan Imlek di Vihara Dha­nagun Kota Bogor. Menurutnya datang secara langsung ke vi­hara tersebut bertepatan dengan perayaan imlek, murupakan kebiasaan yang dilakukannya sedari dulu.

”Hampir setiap tahun saya berkunjung ke sini. Apa lagi ada momen sepeti Imlek ini. Melihat atraksi dari barongsai, bagi saya merupakan momen langka yang sangat sayang untuk dilewatkan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksa­na Bazar Rakyat Arifin Himawan menuturkan, Bazar rakyat mer­upakan satu dari sekian banyak rangkaian kegiatan jelang Bogor Street Fesitaval (BSF), pada Se­lasa (19/02) mendatang. Acara ini juga bakal berlangsung hing­ga Senin (18/02) nanti. Secara umum, pria yang akrab disapa Ahim itu mengaku puas dengan animo masyarakat.

Ahim optimis, pesta rakyat yang digelar pihaknya akan terus mengundang animo masyarakat sekitar, untuk ikut ambil bagian dalam rangkaian kegiatan BSF 2019. Tak hanya bazar, di hari-hari berikutnya pihaknya juga sudah menyediakan sejumlah kegiatan kesehatan secara gratis, kepada para pengunjung.

”Kalau melihat pengunjung di hari pertama ini sangat banyak, bahkan tempat yang kami se­diakan saja tidak cukup untuk menampung. Di hari-hari be­rikutnya kami juga menyiapkan terapi dan pengobatan gratis bagi masayarakat, hingga bazar sembako murah,” bebernya ke­pada awak media. (ogi/c/yok)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here