METROPOLITAN – Setelah merebaknya isu pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara cuma-cuma tanpa tes dan kualifikasi dalam gelaran ’Millennial Road Safety Festival Polres Bogor’ di Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong Minggu (3/3), Polres Bumi Tegar Beriman dengan tegas mengatakan bahwa hal itu tidak benar alias hoaks.

Kasubbag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena, mengatakan, pembuatan SIM yang dipatok Rp150.000 tanpa tes se-Jabodetabek adalah berita bohong (hoaks, red). Ia merasa dirugikan dengan selebaran yang beredar di sejumlah media sosial tersebut.

”Bohong itu. Kami nggak pernah mengadakan pembuatan SIM cuma-cuma. Kalau untuk acaranya memang ada, tapi pembuatan SIM itu tidak ada,” tutur Ita. Ia menyayangkan adanya oknum tak bertanggung jawab yang telah menunggangi gelaran acara yang diprakarsai Korps Bhayangkara tersebut.

Bukan cuma tulisan pembuatan SIM cuma-cuma, sejumlah informasi serupa sempat diterimanya melalui sejumlah media sosial. ”Jadi, acara nanti itu hanya berisi jalan sehat, senam millennial, millennial entrepreneur expo, deklarasi keselamatan lalu lintas, safety riding, hiburan dan doorprize,” jelasnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Muhammad Fadli Amri, membenarkan adanya oknum yang menyebarkan berita hoaks tersebut. SIM merupakan tanda bukti kompetensi yang dimiliki seseorang yang menandakan dia cakap dan layak berkendara di jalan raya. Apabila ini diberikan cuma-cuma, maka akan kontraproduktif dengan kegiatan yang sedang digalakkan. “Setiap orang yang ingin punya SIM harus mengikuti ujian teori dan praktik di satpas serta cek kesehatan,” pungkasnya. (ogi/c/yok/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here