Siapkan Beasiswa Bagi Pelajar Bertalenta

by -0 views

METROPOLITAN – Yanfa Du’ain Sumarno, seorang Manajer Futsal yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah di SMK Mekanik Cibinong. Pria berusia 21 tahun ini memiliki mimpi besar dapat menjuarai setiap event turnamen futsal bersama para peserta didiknya. Lantas, seperti apa cara ia mewujudkan mimpi besarnya tersebut? Berikut petikan wawancara Harian Metropolitan bersama warga asli Bogor ini:

Sejak kapan Anda menggeluti dunia pendidikan?

Aktif sejak tahun 2016. Alhamdu­lilah di tahun 2017 saya dipercaya untuk mengelola Yayasan Pendidikan Sumarno di bidang administrasi dan olahraga. Saya menjabat sebagai Manajer Futsal dan Wakil Kepala di SMK Mekanik Cibinong.

Apa alasan Anda mau menggeluti dunia ini?

Alasannya, karena ada pepatah yang mengatakan bahwa pendidikan itu sepanjang masa. Artinya, dimulai kita lahir sampai mati dan setiap insan dituntut untuk terus ber­kembang. Pada dasarnya itu yang membuat saya ingin mendalami dunia pendidikan. Untuk selalu ber­kembang.

Kenapa memilih Yayasan Pendi­dikan Sumarno?

Awalnya saya ini hanya mendampingi orang tua saja, untuk mengelola yayasan. Lambat laun saya mema­hami dunia pendidikan ini hingga mencintainya. Apalagi, saya diban­tu dan disuport oleh orang tua untuk menekuni profesi ini.

Adakah perbedaan dari Yayasan Pendidikan Sumarno dengan yay­asan lainnya?

Tentunya ada. Mungkin jika pelajar akademis atau berprestasi semua yayasan akan memberikan beasiswa. Tetapi, di kami pelajar yang non akademis pun akan diberikan bea­siswa jika memang bertalenta dalam bidang olahraga. Mungkin itu yang membedakan yayasan kami dengan yang lain.

Selain non akademis, beasiswa ini diberikan kepada siapa saja?

Selain memberikan beasiswa ke­pada pelajar akademis dan non aka­demis, kami juga memberikan bea­siswa terhadap kaum duafa dan anak yatim. Alasannya, demi berkembang­nya olahraga di negeri tercinta Indonesia.

Ka rena, orang-orang tidak mam­pu dan ti­dak ber­prestasi di bi­dang akademik belum tentu ti­dak ber­prestasi di bi­dang olahraga. Maka, kami akan mens­eleksi terlebih dahulu mereka apakah pantas diberikan beasiswa. Intinya, kami hanya ingin menjami bahwa seluruh peserta didik memi­liki hak untuk dikembangkan bakat yang mereka miliki, khususnya da­lam bidang olahraga.

Sebagai Wakil Kepala SMK, target seperti apa yang Anda miliki?

Target itu selalu ada dan yang saya inginkan di setiap tahun ajaran baru Yayasan Pendidikan Sumarno terus berkembang. Termasuk, menjadi juara di setiap event turnamen futsal yang ada di tahun ini hingga ke depan. (ogi/d/rez)