METROPOLITAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Pameran SMK Menyongsong Revolusi Indu­stri 4.0. Pameran ini diikuti 87 SMK negeri maupun swasta se-Indonesia.

Direktur Jende­ral Pendidikan Dasar dan Men­engah, Kemen­dikbud, Hamid Muhammad mengatakan, pa­meran ini digelar agar menjadi wadah bagi hasil karya siswa-siswi SMK. Selain itu, hasil karya yang dipamerkan diha­rapkan dapat menginspirasi SMK lain.

”Dilaksanakan untuk mendorong, menginspirasi SMK dan memahami bahwa hal tersebut wajib menjadi muatan dalam pembelajaran di SMK,” kata Direktur Hamid dalam sambutan­nya di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

Pameran yang digelar di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemendikbud ini dibagi ke dalam delapan kategori yang berkaitan dengan tema besar Revolusi Industri 4.0. Ada Smart School, 3d Printing, Tourism Promotion,Game Development, Applied Robotic, In­ternet of Things, e commerce, kewi­rausahaan.

Beberapa perguruan tinggi juga ikut hadir di pameran. Di antaranya, In­stitut Teknologi Bandung (ITB), Uni­versitas Gadjah Mada (UGM) Yogay­akarta, Universitas Padjajaran, Pens (Politeknik Negeri Surabaya), Poltek­pel (Politeknik Pelayaran Surabaya.

Acara ini juga dihadiri Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy, ia menyempatkan untuk melihat hasil karya siswa-siswa SMK. ”Saya berharap siswa-siswa SMK juga memiliki jiwa kewirausahaan,” kata Muhadjir.Dalam pameran ini para siswa mendemokan hasil karya me­reka. Baik itu berupa hasil kerajinan tradisional, sampai teknologi Aug­mented Reality.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here