METROPOLITAN –  Pemkab Bogor bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama dalam membangun Kabupaten Bogor melalui konsep Smart Village atau Desa Cerdas. Kesepakatan tersebut tertu­ang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Rektor IPB, Arif Satria, dengan Bupati Bogor, Ade Yasin,di Cibinong.

RUANG lingkup kesepakatan kerja sama dalam acara Musyawarah Ren­cana Pembangunan (Musrenbang) itu meliputi pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Bupati Bogor, Ade Yasin, mengatakan, keinginannya ini terkait konsep Pan­cakarsa di masa kepemimpinannya lima tahun ke depan bisa terealisasi dan membutuhkan sinergi serta ko­laborasi, terutama dengan akade­misi. ”Untuk itu, kami lakukan kerja sama dengan IPB. Kami ingin membangun masa depan Kabupaten Bogor dengan Pancakarsa yakni Kar­sa Bogor Membangun, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bo­gor Maju dan Karsa Bogor Berkeada­ban,” kata Ade.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pe­desaan Lembaga Penelitian dan Peng­abdian Masyarakat IPB, Sofyan Sjaf, resmi dikukuhkan sebagai ketua Tim Fasilitator Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/CSR) Kabupaten Bogor yang beranggotakan perwaki­lan akademisi, perusahaan dan pe­merintah.

Menurut Sofyan Sjaf, membangun kabupaten butuh dukungan multi pihak, jadi agenda yang harus dila­kukan adalah agenda kolaboratif. ”Nah untuk mewujudkan Panca­karsa yang sesuai visi-misi pemkab dibutuhkan keterlibatan banyak pi­hak serta butuh bujet yang tidak sedikit,” terangnya. (sin/feb/py)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here