METROPOLITAN– Kabar gembira bagi kepala sekolah. Sebab, dana Ban­tuan Oprasional Sekolah (BOS) kuar­tal pertama 2019 yang sempat dikelu­hkan lama cair, mulai April nanti bisa segera dicairkan. Sejak 20-22 Maret 2019, setiap kepala sekolah tingkat SD/SMP mengikuti pelaksanaan asi­stensi dana bos di aula Dinas Pendi­dikan (Disdik) Kota Bogor.

Tim Asistensi yang terdiri dari Dinas Pendidikan, Manager BOS, (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Inspektorat, Administrasi Pembangunan (Adbang) bagian Umum Keuangan dan Perlengkapan Kota Bogor diminta untuk mengecek dan memeriksa pengajuan perencanaan dana BOS yang diajukan setiap ke­pala sekolah.

Anggota Tim Asistensi dana BOS, Agus Mulyadi mengatakan, asistensi dana bos merupakan kegiatan pengecekan pengajuan dana bos yang diajukan oleh masing masing kepala sekolah.

Asistensi ini diperlukan untuk me­mastikan pengajuan yang diserahkan kepala sekolah. “Apakah pengajuan­nya itu sudah sesuai dengan belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja asset. Jika sesuai dengan pengajuannya, maka kita akan setu­juai, tetapi jika tidak sesuai maka kita sarankan untuk di revisi,”kata Agus.

Agus juga menyayangkan asistensi itu baru dilaksanakannya saat ini “Se­harusnya Asistensi ini dilakukan sejak Januari atau Februari, kalau dilaks­anakannya baru Maret seperti saat ini, ya paling juga awal April lah dana Bos ini bisa dicairkan” kata Agus

Untuk diketahui, pelaksanaan asis­tensi dana bos ini diikuti oleh ratusan Kepala SD maupun kepala SMP. Sudah dua hari ini mereka melakukan ke­giatan asistensi tersebut.

Salah seorang kepala Sekolah menga­kui kalau kegiatan Asitensi ini dilaks­anakan sejak tanggal 20 kemarin “Iya kami berada disini dari kemarin dan semalam juga hingga pukul 21.00 WIB. Asistensi ini belum selesai, dan kita belum kebagian diperiksa, kemungkinan jika malam ini pun belum tuntas, se­pertinya akan dilanjutkan besok (hari ini-red)” tandasnya. (ber/ ar/feb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here