Bogor Jadi Pilot Project Udara Bersih

by -6 views

METROPOLITAN – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) sepakat memilih Kota Bogor sebagai kota pilot project program pengembangan kualitas udara bersih dari Clean Air Asia. Dipilihnya Kota Bogor dalam project ini menjadikan Kota Bogor sebagai kota keenam di Asia yang ikut melakukan rencana aksi udara bersih.

Direktur Eksekutif Apeksi, Sri Indah Wibi Nastiti, mengatakan, project ini dimulai pada 2018 saat Clean Air Asia yang merupakan lembaga internasional di bidang lingkungan mengajak Apeksi membangun kualitas udara bersih di kota. Pihaknya pun memilih tiga kota yakni Kota Tangerang, Kota Palembang dan Kota Bogor. “Setelah kami pelajari ketiga kota itu, kami sepakat pilih Kota Bogor karena sudah mempunyai data lengkap dan terlihat beberapa upaya dalam membangun kualitas udara bersih,” katanya.

Melalui project ini, ia berharap aksi udara bersih yang bisa menjadi bahan untuk diadopsi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Mengingat isu lingkungan masuk misi Kota Bogor dan kualitas udara bersih salah satu indikator.

“Jadi, dari rencana aksi udara bersih ini akan dituangkan dalam kegiatankegiatan yang juga bisa dikerjasamakan dengan berbagai pihak, sehingga ini bisa diimplementasikan baik dengan APBD atau dari CSR,” ucapnya. (*/ rez/py)