METROPOLITAN – Meskipun Prabowo Subianto adalah ketua umum Partai Gerindra, rupanya tak semua massa pendukung partai garuda merah tersebut mendukung Prabowo menjadi presiden. Survei PolMark Indonesia menyebut hanya 68,8 persen pendukung Gerindra yang akan memilih Prabowo.

CEO dan Founder PolMark Indonesia, Eep Saefulloh Fatah, memaparkan hasil survei PolMark yang menyebutkan dukungan pemilih partai dalam pilpres 2019 masih tersebar. Bahkan tidak ada kader yang solid 100 persen dalam menentukan pilihan capres sesuai dukungan pada partai. Terkait penyebaran dukungan di pemilih partai, hasilnya semua partai dukungannya menyebar, termasuk PDIP, Gerindra, PAN dan lainnya.

Dalam data tersebut disebutkan pendukung PDIP 74,6 persen mendukung paslon 01, 5,9 persen dukung 02 dan 19,5 persen masih bimbang. Partai Gerindra 11 persen mendukung 01, 68,8 persen mendukung 02 dan 12,2 persen masih bimbang. PAN 25 persen mendukung 01, 49,2 persen mendukung 02 dan 25,8 persen masih bimbang.

“Masih ada penyebaran dukungan pemilih partai ke pilpres. Ini terjadi di mana pun. Tidak ada dukungan solid. Yang harus diketahui di segmen mana yang belum solid, segmen mana harus kampanye khusus di sisa-sisa terakhir ini. Kalau bisa dijawab baik maka tentu partai bisa manfaatkan waktu untuk solidkan,” jelas Eep.

Survei yang dilakukan PolMark Indonesia bekerja sama dengan DPP Partai Amanat Nasional digelar di 73 dapil dari 80 dapil seluruh Indonesia untuk tingkat pemilihan DPR RI. Survei itu dilakukan dari Oktober 2018-Februari 2019 dengan jumlah responden 440 di masing-masing 72 dapil dengan margin of error plusminus 4,8 persen dan 880 responden  di satu dapil dengan margin of error plus-minus 3,4 persen.

Pengambilan sampel survei itu dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling dengan selang kepercayaan 95 persen. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menanggapi terkait masih tersebarnya dukungan di dalam tubuh PAN. Menurut Zulkifli, survei
yang dilakukan terhadap 35 ribu lebih responden itu terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan

“Survei memberikan peluang. Diharap kader PAN di mana pun berada, kita di posisi enam dan selalu postif margin of error ke atas. Ini hari yang menentukan. Minta kader kami bergerak dari subuh sampai malam,” kata Zulkifli.

(dtk/els/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here