METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi bakal menggelar job fair atau bursa kerja pada pertengahan April 2019 mendatang. Dalam kegiatan itu, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi menawarkan sedikitnya 4.500 lowongan kerja (loker).

“Untuk menekan pengangguran, kami menggelar job fair pada 22-23 April 2019,” ujar Plt Kepala Disnaker Kota Sukabumi Iyan Damayanti, Rabu (13/3). Rencananya, kegiatan yang dilakukan di Lapangan Merdeka Sukabumi itu diikuti 30 perusahaan. Bidang pekerjaan yang ditawarkan pun cukup beragam, dari perbankan, perhotelan dan lain sebagainya.

Menurut Iyan, bursa kerja itu sudah rutin dilakukan setiap tahunnya. Hal itu dilakukan untuk memfasilitasi pencari kerja dengan pasar kerja, yakni perusahaan yang membutuhkan pegawai. Kegiatan tersebut juga sebagai bagian dari menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Kota Sukabumi.

Harapannya, jumlah pengangguran di Kota Sukabumi dapat ditekan semaksimal mungkin. Iyan menerangkan, pada 2019 ini pemkot menargetkan penyerapan tenaga kerja sebanyak 5.000 orang. Target tersebut optimistis bisa terpenuhi untuk menekan angka pengangguran di Sukabumi. Pada 2018, penyerapan tenaga kerja melampaui target yang ditetapkan. Sebab dari 5.539 pencari kerja yang terdaftar, yang bisa terserap pasar kerja mencapai 5.246 orang.

Padahal target yang ditetapkan hanya 5.000 orang. Sementara 293 pencari kerja belum terserap pasar kerja. Sedangkan ribuan tenaga kerja yang terserap itu yakni 2.367 laki-laki dan 2.879 perempuan.

Data pencari kerja itu didasarkan warga yang membuat kartu pencari kerja atau kartu AK-1 ke Disnaker. Nantinya pencari kerja itu disalurkan sesuai keahliannya masingmasing ke pasar kerja.

Iyan menjelaskan masih adanya pencari kerja yang belum tersalurkan ke dunia kerja disebabkan berbagai kendala. Misalnya akibat peluang kerja yang terbatas dan belum sebanding dengan jumlah pencari kerja. (feb/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here