Metropolitan – Barcelona akan menjamu Lyon di Camp Nou pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/19, Kamis (14/3). Setelah bermain imbang tanpa gol di Prancis, peluang lolos masingmasing tim pun bisa dibilang masih cukup terbuka. Meski demikian, harus diakui bahwa Barcelona lebih difavoritkan. Diprediksi pertandingan bakal berlangsung panas.

Pada leg pertama di markas Lyon, Barcelona mendominasi permainan dan unggul telak dalam hal jumlah tembakan. Namun Lionel Messi dan kawan-kawan gagal mengoptimalkan peluang-peluang yang mereka dapatkan. Lyon yang bermain tanpa sang kapten Nabil Fekir akibat skorsing, pada akhirnya cukup puas dengan hasil tersebut dan siap habis-habisan dalam duel penentuan di Catalunya. Kali ini, Pelatih Bruno Genesio sudah bisa memainkan Fekir.

Dengan begitu, ia punya opsi tambahan di lini ofensif. Fekir pun bakal dimainkan dari menit awal, bersama Bertrand Traore dan Memphis Depay. Mereka bakal men-support Moussa Dembele, ujung tombak serangan. Hanya saja, di Camp Nou, sepertinya Lyon takkan mengambil risiko dengan main terbuka. Itu bisa membuat mereka jadi mangsa empuk Barcelona. Sementara itu, Barcelona masih takkan diperkuat Thomas Vermaelen dan Rafinha yang cedera.

Pelatih Ernesto Valverde juga kemungkinan harus menepikan Ousmane Dembele, yang mengalami cedera hamstring saat menang 3-1 atas Rayo Vallecano di La Liga akhir pekan kemarin dan kondisinya sangat diragukan. Namun Barcelona sepertinya takkan terlalu cemas. Luis Suarez, yang mencetak empat gol dalam empat penampilan terakhir, berada dalam form optimal.

Tak kalah penting, Messi juga berada dalam bentuk terbaiknya. Messi, yang telah mencetak tiga gol dalam lima penampilan melawan Lyon, menyumbang satu gol dan satu assist ketika Barcelona menaklukkan Rayo di La Liga. Ia bakal jadi tumpuan utama Barcelona untuk mengunci kelolosan mereka. Philippe Coutinho bisa mengisi posisi Dembele dalam skema 4-3-3.

Coutinho belakangan ini memang dihujani kritikan akibat performanya yang di bawah standar. Meski begitu, bek Barcelona Gerard Pique percaya bahwa Coutinho pasti akan menemukan kembali permainan terbaiknya. Ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Melihat form masing-masing tim, Barcelona lebih baik. Setelah main 0-0 di leg pertama, Lyon ditumbangkan tuan rumah AS Monaco 0-2 di liga.

Lyon bisa bangkit dan meraih dua kemenangan beruntun atas Caen di Coupe de France dan Toulouse di liga, tetapi kembali mengalami antiklimaks saat diimbangi Strasbourg 2-2. Barcelona merupakan salah satu kandidat juara. Mereka perlu membuktikan kapasitasnya dengan terlebih dahulu menyisihkan Lyon dan melangkah ke perempat final. (bn/suf/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here