Ekspedisi Batas Negeri

by -

METROPOLITAN – Mengin­ventarisasi flora dan fauna di tepi Bumi Nusantara adalah satu dari sekian banyak tujuan 12 ma­hasiswa IPB ke tanah Papua. Menghabiskan waktu lebih dari dua pekan, belasan mahasiswa

yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IPB mengemban misi khusus dalam mengeksplorasi kedua pekan, belasan mahasiswa kayaan alam Kepulauan Ma­pia, Papua.­

Ketua Ekspedisi Kepulauan Mapia Papua, Ahmad Nanang Basyaruddin Al-fawaid, men­gungkapkan, pihaknya meng­inventarisasi flora dan fauna demi membuka mata masy­arakat luas tentang kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. “Karena informasi tentang pulau tersebut sangat minim, makanya kami coba menje­lajahi kepulauan tersebut,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Tak hanya itu, ia beserta re­kannya juga coba menjelajahi kondisi masyarakat, sosial, budaya hingga kearifan lokal warga sekitar. Tak bisa dimun­gkiri, perjalanan panjang yang memakan waktu hampir satu bulan itu tak selalu berjalan mulus. Minimnya informasi hingga ekstremnya jalur yang harus dilalui adalah segelin­tir kendala serius yang dial­ami Nanang dan timnya. “Di sana kami dua pekan, ditam­bah perjalanan satu pekan,” ujarnya singkat.

Sementara itu, seorang pe­serta seminar, Nur Cahyani, mengaku senang bisa ikut ambil bagian dalam gelaran seminar bertajuk ’Ekspedisi Batas Negri’ yang diprakar­sai Fakultas Kehutanan De­partemen Silvikultur, IPB Bogor, Dramaga itu. ”Ini merupakan pengalaman berharga buat saya, bisa mengetahui Kepulauan Ma­pia, Papua yang sangat minim informasi itu,” akunya.

(ogi/c/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *