METROPOLITAN – Desa Pondokasolandeh di kecamatan  Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi lomba desa.

Lewat pembenahan besar-besaran, Kepala Desa (Kades) Pondokasolandeh, Kecamatan Parung Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Ujang Sopandi, berserta perangkat desa dan masyarakatnya gotongroyong melakukan pembenahan.

Ujang mengaku masih mempersiapkan diri menghadapi lomba desa model tingkat kabupaten. ”Rencananya dalam lomba desa nanti bakal dihadiri Bupati Sukabumi H Marwan Hamami dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sukabumi Yani Marwan yang sangat kita nanti-nantikan,” kata Ujang Sopandi, Rabu (13/3/2019).

Ujang mengaku pihaknya terus melakukan persiapan maksimal agar bisa mengalahkan 50 desa lainnya. ”Kalau dari sepuluh, kita masuk ke ranking lima saja, Desa Pondokasolandeh bisa mengikuti lomba ke tingkat provinsi,”ujarnya.

Ujang berharap desanya ke depan bakal menjadi desa model. Sebab, menurutnya, Desa Pondokasolandeh memiliki beberapa program unggulan. ”Nanti saat Bupati hadir, kita akan sampaikan beberapa program unggulan tersebut kepadanya. Tentu dengan harapan agar Desa Pondokasolandeh menjadi desa mandiri,” ungkapnya.

Untuk menjadi desa mandiri, pihaknya mengaku memerlukan dukungan semua pihak. Baik dari stakeholder maupun Pemkab Sukabumi, pemprov juga pemerintah pusat. ”Supaya ke depannya Desa Pondokasolandeh memiliki program perekonomian yang mandiri. Dan hal ini yang paling diharapkan,” harapnya.

Di sisi lain, tambah Ujang, kini pihaknya telah menyiapkan tanaman-tanaman apotek hidup. “Alhamdulilah sekarang desa ini jadi dipenuhi  hiasan tanaman kesehatan. Jadi selain berkhasiat untuk pengobatan, tanaman itu juga memperindah lingkungan desa,” tutupnya. (kng/ade/feb/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here