METROPOLITAN – Cisarua Bahaya kebakaran tak mengenal musim. Walaupun musim penghujan, potensi bencana ini bisa terjadi kapan saja. Kepala Unit Pemadam Kebakaran Ciawi, Nendri, mengatakan, penyebab kebakaran bisa diakibatkan masalah sepele, seperti dampak puntung rokok.

”Sejak musim hujan ini sudah terjadi beberapa kali kebakaran. Penyebabnya bervariasi. Mulai dari korek api sampai perilaku anak di bawah umur yang bermain tanpa pengawasan orang tua,” bebernya.

Walaupun musim penghujan dan kondisi rumah kering, sambung dia, tetap mudah terbakar bila ada penyebabnya. ”Tak menutup kemungkinan hotel besar ataupun vila, apalagi di tempat seperti itu banyak tamu yang datang,” katanya.

Selain itu, ia juga mengimbau hotel ataupun vila memiliki alat pemadam api ringan (apar). Sebab, alat itu bisa menurunkan risiko kebakaran hebat. ”Jika terjadi kebakaran, banyak kendala mendatangkan mobil pemadam. Jika ada alat itu, untuk sementara waktu bisa ditangani terlebih dulu. Jadi, api tidak cepat membesar,” imbaunya.

Selain kebakaran, ia berharap masyarakat tetap waspada terhadap bencana longsor. Sebab, lingkungan di sekitar Puncak masuk kategori zona merah. “Itu zona rawan longsor, jadi harus waspada,” pesannya.

(ash/b/feb/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here