Jokowi Didesak Teken PP Penataan Daerah

by -

METROPOLITAN – Dalam pertemuan tersebut, jelas Adjo, dilakukan konsolidasi pemekaran wilayah calon DOB di seluruh Indone­sia. Tak terkecuali Kabupaten Suka­bumi. Forum pun sekaligus mendesak presiden RI segera menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pemekaran DOB di Indonesia.

Adjo memaparkan, forum tersebut mengambil kesimpulan bahwa dalam waktu dekat ini akan disampaikan per­mohonan kepada Presiden RI Joko Widodo untuk segera menerbitkan PP tentang desain besar penataan daerah.

”PP tentang penataan daerah merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagai pedoman untuk mem­proses penataan daerah atau pembentukan calon DOB,” kata Adjo.

Sekadar diketahui, hingga kini pemerintah tengah menerapkan kebijakan moratorium soal pem­bentukan DOB. Sementara hingga kini ada ratusan wilayah yang menunggu untuk dime­karkan menjadi DOB. Hal itu yang menjadi salah satu pem­bahasan utama dalam forum tersebut.

”Dalam pertemuan itu juga dihadiri Ketua Harian Forkonas DOB dan juga pengurus Forko­da Calon DOB Sukabumi Utara, Sugar S. Mudah-mudahan saja pertemuan ini nantinya bisa menghasilkan keputusan yang terbaik untuk masyarakat, teru­tama untuk masyarakat Kabu­paten Sukabumi,” pungkas Adjo.

Data yang dihimpun, wacana pemekaran Kabupaten Suka­bumi Utara mulai dibahas sejak 2004. Beberapa pertimbangan dan desakan dibentuknya DOB Sukabumi Utara melihat luas wilayah Kabupaten Sukabumi yang mencapai sekitar 4.161 kilometer persegi, merupakan kabupaten terluas se-Jawa dan Bali.

Kabupaten Sukabumi juga memiliki 47 kecamatan, meru­pakan yang terbanyak se-Indo­nesia. Ada kurang lebih 2,5 juta jiwa tinggal di Kabupaten Suka­bumi, menjadikan salah satu kabupaten terpadat di Jawa Ba­rat. Rentang waktu 2004 hingga 2010, anggaran sebesar Rp9 miliar telah digelontorkan dari APBD Kabupaten Sukabumi untuk rencana pembentukan DOB.

Bukan hanya usulan DOB Ka­bupaten Sukabumi Utara saja, wilayah lainnya juga ikut men­gusulkan pembentukan DOB, yakni pembentukan Kabupaten Jampang.

(skb/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *