KIA Mulai Tersebar di Desa Cibadak

by -2 views

METROPOLITAN – Kartu Indonesia Anak (KIA) mulai ada dan diterapkan di lingkup Kabupaten Bogor. Tujuannya guna memudahkan data anak saat akan diproses dan untuk keperluan sekolah.

Sekretaris Desa (Sekdes) Ciampea Maria Ulfa mengaku pihaknya sudah menyosialisasikan kepada orang tua agar buah hati mereka memiliki tanda pengenal seperti KIA. ”Alhamdulillah untuk di Cibadak sudah tercetak kurang lebih seratus kartu.

Diharapkan dapat terus bertambah sehingga program ini berjalan dengan baik,” tuturnya kepada Metropolitan, kemarin. Maria menambahkan, sosialisasi yang dilakukan yakni melalui lapisan seluruh kader dan warga desa.

Jadi para orang tua hanya mendaftarkan anak mereka melalui desa. ”Syarat mendapatkan KIA di antaranya melampirkan KTP-el orang tua, Kartu Keluarga (KK) dan surat lahir yang dicetak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor,” paparnya. Pelaksanaan tersebut sudah berlangsung sejak Agustus 2018 dan terus disosialisasikan hingga kini. ”Kami harap program ini menjadikan data diri keluarga warga lebih baik dan mempermudah sistem yang sudah berlaku,” tandasnya. (yos/c/els/ run)