Korban Longsor Butuh Bantuan Segera

by -

METROPOLITAN – Sebulan berlalu, korban longsor di Kampung Cimanggu, RT 02/06, Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, belum mendapat bantuan dari pemerintah. Jahudin (61), korban yang kolam ikannya tertimbun tanah longsor, mengaku hingga kini belum mendapat bantuan dari pemerintah.

”Kejadiannya sudah sebulan lalu tapi belum ada bantuan apa pun,” katanya. Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman menuturkan, terkait longsor di Kampung Cimanggu, pihaknya telah melakukan penanganan darurat.

”Kita sudah mendatangi lokasi. Memang masalahnya itu banyak lubang atau rembesan di atas dan kolam yang mengakibatkan terjadinya longsor,” bebernya.

Sementara di sekitar tebing, lanjutnya, tidak ada tanaman yang dapat menahan struktur tanah. Untuk penanganannya, Eka mengaku telah membuka saluran air yang tertutup material longsoran dengan bantuan mesin alkon.

Selain itu, pihaknya juga berusaha membuat tanggul sementara dengan membuat tumpukan karung berisi tanah di sepanjang jalur rawan longsor, serta bekerja sama dengan desa dan masyarakat untuk mengerjakan kegiatan tersebut. ”Pelaksanaan gotong-royong akan dilaksanakan pada Selasa (12/3),” ujarnya.

Sebelumnya, tebing setinggi 50 meter tergerus longsor hingga menimpa dua kolam ikan dan enam kotak sawah milik warga. (hep/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *