METROPOLITAN – Mass Rapid Trans­it (MRT) Jakarta resmi memulai opera­sional terbatas dalam uji coba publik. Pada operasi tersebut, MRT Jakarta akan mengangkut sebanyak 4.000 penumpang mulai pukul 08:00 sampai 16:00 WIB.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Wil­liam Sabandar mengatakan, penumpang pada uji coba tersebut sebelumnya telah memesan tiket gratis yang dibuka sejak 5 Maret 2019 untuk per­jalanan pada 12 sampai 24 Ma­ret 2019. ”Perjalanan dimulai dengan 4.000 penumpang dalam sehari. Minggu depan mencapai 28.800 penumpang per hari,” ujarnya di kantor MRT Jakarta.­

Total per 11 Maret 2019, ma­syarakat yang sudah mendaftar sudah mencapai 184.738 pe­numpang untuk perjalanan sampai hari terakhir tahapan uji coba publik. Sementara itu, MRT Jakarta menyediakan 98 perjalanan per hari. ”Namun total jumlah penumpang yang bisa diangkut sebenarnya men­capai 285.600 penumpang per hari,” katanya.Selain itu, apli­kasi MRT Jakarta di sistem iOS juga sudah bisa diunduh ma­syarakat. ”Untuk di sistem An­droid, per hari ini kami upaya­kan juga,” tutupnya.

Sementara itu, uji coba gratis MRT Jakarta yang dimulai hari ini tidak disia-siakan warga DKI Jakarta. Mereka tak lupa foto-foto hingga nge-Vlog untuk mengabadikan pengalaman pertama itu.

Seperti yang terlihat di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, banyak warga yang berpose di peron stasiun MRT sambil menunggu kereta berangkat. Ada yang saling memotret bergan­tian dengan teman, ada pula yang berfoto sendiri.

Beberapa warga juga asyik foto-foto dalam kereta MRT, se­hingga berbagai sudut bisa dia­badikan. Tak hanya mengguna­kan gawai, ada juga yang mem­bawa kamera untuk foto-foto.

Selain itu, ada pula pengguna MRT yang memanfaatkan uji coba MRT Jakarta itu sambil nge-Vlog. Mulai dari pintu masuk hingga berjalan ke kereta MRT, pengguna tersebut tak lepas dari kameranya.

Uji coba gratis MRT Jakarta memang hanya bisa diikuti warga yang sudah mendaftar lebih dahulu. Begitu tiba di sta­siun keberangkatan, pengguna MRT hanya perlu menunjukkan barcode yang telah diberikan lalu akan mendapat stiker se­suai jam keberangkatan.

MRT Jakarta sendiri sudah memberi sejumlah imbauan selama di stasiun maupun ke­reta MRT. Salah satunya tentang penggunaan eskalator. Peng­guna MRT diminta agar berdiri di sisi kiri dan memberikan ruang di sisi kanan untuk mendahului. Namun imbauan itu belum se­penuhnya diikuti para pengguna. Masih ada pengguna MRT yang berdiri diam di sisi kanan ataupun di tengah-tengah.

Uji coba MRT Jakarta sendiri memberi beragam kesan bagi warga DKI. Ada yang memuji kenyamanan hingga ketepatan waktu moda transportasi baru di Jakarta itu.

(dtk/mam/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here