Puskesmas Jadi Garda Terdepan Kesehatan Dasar

by -

METROPOLITAN – Kepala Puskesmas Sekarwangi Dedi Setiadi mengatakan, puskesmas harus mampu memberi kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.­

”Penggalangan mutu pelayanan lintas sektor kepada masyarakat harus terus ditingkatkan,” kata Dedi saat rapat lintas sektor di aula Kecamatan Cibadak, Ka­bupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (21/3).

Hal itu, menurut Dedi, dilaku­kan agar puskesmas dapat men­jalankan fungsinya secara opti­mal dalam memberi bantuan administrasi, proses pelayanan, serta memaksimalkan sumber daya yang digunakan.

”Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu, manajemen risiko dan keselamatan pasien di puskesmas, serta menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang aman dan bermutu,” jelasnya.

Menurutnya, puskesmas mer­upakan garda terdepan dalam penyelenggaraan kesehatan dasar.

”Hal tersebut sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014, menjadi landasan hukum dalam penyelenggaraan puskesmas yang merupakan UPT Dinkes kabupaten/kota sebagai penanggung jawab penyeleng­garaan pembangunan kesehatan di wilayah yang bergerak,” be­bernya.

Dedi mengatakan, puskesmas harus bisa menjalankan fungsi­nya secara optimal. Termasuk hal bantuan administrasi, proses pelayanan, serta sumber daya yang digunakan.

”Perlu dilakukan dalam me­ningkatkan mutu, manajemen risiko dan keselamatan pasien di puskesmas serta menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang aman dan bermutu,” ucapnya.

Untuk itu, dalam pengembangan puskesmas berkelanjutan dip­erlukan pula adanya pihak ekster­nal melalui akreditasi.

”Akreditasi juga bermanfaat untuk masyarakat karena me­ningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Sehingga masyarakat lebih merasa nyaman dalam berobat di puskesmas,” pung­kasnya.

(dik/ade/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *