Suasana Kampung Adat Ratenggaro, Desa Terindah di Pulau Sumba

by -

JAKARTA – Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak destinasi wisata eksotis nan unik untuk dikunjungi. Salah satunya kampung adat Ratenggaro.

Selain dihiasi birunya lautan beserta pasir putih, di tepi pantai ini berdiri juga belasan rumah adat dengan atapnya yang menjulang tinggi dan ratusan kuburan megalitikum.

Kampung Ratenggaro terletak di desa Umbu Ngedo, sekitar 30 Kilometer dari Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Lokasi ini nyaris sempurna, dikarenakan perpaduan antara wisata alam dan budaya.

Dari tepi pantai yang eksotis, Anda bisa menoleh sedikit ke belakang untuk sekedar melihat atau mengabadikan foto dengan latar belakang barisan atap rumah adat, yang menjulang tinggi.

Selain rumah adat di Ratenggaro, di seberang muara sungai Waiha ada juga puluhan rumah adat kampung Wainyapu. Kedua kampung ini dikelilingi oleh kuburan megalitik para leluhur mereka.

Warga di kampung adat Ratenggaro juga menawarkan jasa menunggang Sandelwood, kuda khas Sumba ketika ingin mengitari pesisri pantai, atau untuk mengelilingi rumah adat satu per satu dalam kampung tersebut.

Loading...