Taktukan alam liar di pancawati bogor Sohor

by -

CARINGIN – Desa Pancawati memiliki daya tarik tersendiri sebagai daerah tujuan wisata. Lokasinya di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, membuat Desa Pacnawati memiliki udara sejuk dan asri. Wajar jika pelancong menorehkan Desa Pancawati pada daftar kunjungannya.

Besarnya potensi wisata yang dimiliki Pancawati, membuat tokoh masyarakat setempat, Maman Firmansyah alias Madom, merasa tergerak mempromosikan desanya lebih maju lagi. ”Pancawati punya potensi alam yang luar biasa dari sektor pariwisata. Setiap hari wisatawan datang ke sini berbus-bus. Kami ingin memperkenalkan lebih banyak tentang Pancawati dan mengemasnya lebih baik,” ujarnya.

Salah satu bentuk promosi yang diprakarsainya dalam waktu dekat adalah even Pancawati Bogor Sohor. ”Kami akan mengundang 2.000 crosser dan penggemar motor trail untuk menjajal trek sepanjang 49 kilometer menyusuri belantara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, 26 kilometernya adalah double track . Even akan kami laksanakan pada Minggu (17/3),” katanya.

Menurut Madom, even ini bukan kompetisi grass track, tapi lebih pada adventure (menjelajahi) eloknya alam Pancawati. ”Tak ada lomba atau ketangkasan seperti di sirkuit, tapi lebih ke fun dan silaturahmi. Untuk track-nya sendiri masih baru dan tak terlalu ekstrem, namun dijamin seru dan bisa memacu adrenalin. Kami menyediakan hadiah 15 unit motor,” paparnya.

Sedangkan bagi peserta yang ingin menjajal, sambung dia, akan dikenakan biaya pendaftaran Rp150.000 dan mendapatkan jersey, makan siang dan tiket undian. ”Sampai hari ini sudah hampir 2.000 orang yang daftar. Sebanyak 17 orang di antaranya dari Malaysia, Jabodetabek dan Jawa Barat, luar Jawa, termasuk klub motor Matador yang dipimpin mantan sekda Kabupaten Bogor siap bergabung. Kami juga akan memberikan reward bagi peserta terjauh, terbanyak dan peserta perempuan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Cece Rusdiana menambahkan, satu hari jelang even akan dilaksanakan kegiatan penanaman 2.000 pohon yang melibatkan santri dan masyarakat. ”Kami juga ingin melestarikan alam,” katanya.

(ash/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *