Warga Serahkan Kukang Jawa ke PMI

by -0 views

METROPOLITAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menerima seekor satwa dilindungi jenis Kukang Jawa dari masyarakat, kemarin. Penyerahan dilakukan oleh warga Kecamatan Cisaat yang sebelumnya menemukan hewan dengan nama latin Nycticebus Coucang itu di sawah. Penyerahan secara sukarela ini dilakukan di Markas PMI Kabupaten Sukabumi dan diterima secara langsung oleh Humas PMI Kabupaten Sukabumi.

”Ini adalah penyerahan sukarela dari seorang warga yang secara tidak sengaja menemukan di area persawahan sekitar desa Mangkalaya, Kecamatan Cisaat.

Menurutnya, salah satu Primata Nocturnal atau yang aktif di malam hari ini akan diserahkan PMI Kabupaten Sukabumi ke Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) untuk segera di rehabilitasi. Kemudian, satwa ini bisa kembali di lepas liarkan. “Kami akan segera serahkan ke PPSC,” ujarnya.

Sekedar diketahui, warga yang menyerahkan Kukang ke PMI Kabupaten Sukabumi adalah Guruh. Pria berusia 30 tahun ini merupakan warga Kecamatan Cisaat. Saat itu, ia menemukan Kukang dalam perjalanan pulang ke rumahnya pada Jumat malam. ”Melihat kukang, dia langsung menyelamatkannya dan membawa ke rumahnya,”tuturnya.

Namun, karena kesulitan memberikan makan,akhirnya penemu kukang itu mencari informasi di internet hingga akhirnya mendapatkan pemberitaan penyerahan kukang ke PMI Kabupaten Sukabumi. ”Akhirnya penemu kukang menyerahkannya kepada kami. Penyerahan sukarela kukang ini merupakan yang kelima,” kata Hondo.

Kukang Jawa sendiri merupakan salah satu satwa dilindungi Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. (can/ade­).