30 Persen SMP Di Bogor Belum Siap UNBK

by -0 views
UJIAN: Penyelenggaran UNBK yang ditargetkan 100 persen belum terpenuhi secara merata, karena masih terkendala infrastruktur berupa perangkat komputer.

METROPOLITAN – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kota Bogor yang selama ini digembor-gemborkan sudah 100 persen, nyatanya belum sesuai kenyataan. Di Kota Bogor masih ada SMP yang belum siap melaksanakan UNBK tersebut pada 22 April.

Ketua MKKS SMP Kota Bogor, Imam, menjelaskan, dari 124 sekolah negeri dan swasta masih ada 30 persen yang belum memiliki fasilitas penunjang UNBK secara mandiri. “Memang masih ada 30 persen yang belum siap UNBK secara mandiri,” katanya.

Menurut dia, masih banyak SMP yang dipusingkan mencari tumpangan ke sekolah lain. Lain halnya kalau sekolah itu bergabung dalam satu yayasan yang memiliki jenjang pendidikan dari tingkat SMP, SMA dan SMK. Sekolah seperti ini biasanya siap UNBK, karena punya fasilitas saling tunjang.

“Kepala SMP swasta kecil ini seperti biasa setiap tahun selalu dipusingkan dengan kegiatan UNBK, karena mereka harus mencari sekolah lain yang memiliki fasilitas penunjang UNBK,”ujar Imam. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fachrudin, ketika akan dikonfirmasi tidak ada di ruang kerjanya. Menurut staf disdik Kota Bogor, kadisdik sedang ada rapat di luar.(ber/ ar/feb/py)