METROPOLITAN – Sebanyak 352 siswa-siswi SMK Negeri 1 Kota Bogor mengikuti uji kompetensi sertifikasi Logo Garuda Emas yang diselenggarakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), mulai Senin (22/4) hingga Sabtu (27/4). Plt Kepala SMKN 1 Kota Bogor, Uus Sukmara, didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Nani Maryani, menjelaskan, sertifikasi ini dilaksanakan dengan tujuan membuktikan bahwa siswa-siswi lulusan SMKN 1 Kota Bogor benar-benar memiliki keahlian dan kompeten di bidangnya.

“Sertifikasi yang dilaksanakan BNSP ini untuk menempuh Sertifikat BNSP Berlogo Garuda Emas, di mana Sertifikat Logo Garuda Emas memiliki ruang lingkup kompetensinya se-ASEAN, sehingga kemampuan kejuruan siswasiswi lulusan SMKN 1 Kota Bogor bisa diterima di beberapa perusahaan besar di tingkat ASEAN,” jelasnya.

Dalam uji kompetensi ini, sambung Uus, para siswa akan diuji baik secara teori maupun praktik lapangan. Untuk teori, para siswa wajib mengikuti ujian secara tertulis maupun lisan. “Sedangkan untuk praktik akan dilakukan observasi secara menyeluruh yang diuji 24 Assesor dari SMKN 1 Kota Bogor yang sudah bersertifikat BNSP-LSP 1 ASEAN,” tegasnya. Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Nani Maryani, menjelaskan, ruang lingkup sertifikasi BNSP Logo Garuda Emas ini meliputi Skema Sertifikasi KKNI 1 level II, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran yang diikuti 104 peserta.

“Skema Sertifikasi KKNI 1 level II, Usaha Perjalanan Wisata ini diikuti 69 siswa, Skema Sertifikasi Level II, Multi Media diikuti 70 siswa dan Skema Sertifikasi level II, Teknisi Akuntansi Yunior diikuti 109 orang,” jelasnyaNani menjelaskan, Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) ini adalah standar rumusan kemampuan kerja siswa yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan tugas dan syarat yang ditetapkan. (ber/ar/feb/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here