METROPOLITAN– Beragam pembangunan infrastruktur bakal direalisasikan pada 2019 ini oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Bantarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor.

Kepala Desa (Kades) Batarsari Lukmanul Hakim mengaku saat ini pihaknya masih menunggu pencairan bantuan keuangan pemerintah pusat dan Bantuan Provinsi Jawa Barat (Banprov Jabar). Yakni Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bagi Hasil Pajak Retribusi Daerah (BHPRD). Meski begitu, pihaknya sudah memploting beberapa pembangunan.

”Pengerjaannya sesuai hasil Rapat Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2018 lalu yang diikuti perwakilan warga bersama aparatur desa,” paparnya kepada Metropolitan, kemarin.

Pengerjaan tersebut antara lain betonisasi dan pengaspalan jalan lingkungan (jaling) di setiap RW dengan biaya dasar DD. Sekretaris Desa (Sekdes) Bantarsari Rusdi menambahkan, pembangunan jalan lingkar juga akan dikerjakan yang menembuskan Desa Bantarsari dengan Desa Bantarjaya.

”Pembangunan jalan lingkar ini antara dua desa dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian PUPR. Biayanya kurang lebih Rp600 juta,” bebernya.

Ia menuturkan, betonisasi jaldes juga akan dikerjakan di Kampung Babakan Resmi Galih dengan anggaran DD Rp150 juta. ”Terakhir betonisasi jaldes di Kampung Gunungbubut, RT 03/03, dengan Banprov 2019. Semoga pembangunan ini dapat direalisasikan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi warga,” pungkasnya. (yos/c/els/run)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here