METROPOLITAN – Kepala Badan Penyuluhan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Momon Rusmono, me-launching Pembinaan Desa Mitra Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor di Desa Lemahduhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Sabtu (13/4). Melalui launching ini, Desa Lemahduhur dijadikan Desa Mitra Polbangtan Bogor.

Momon menegaskan, petani harus sejahtera dan bisa mewujudkan kedaulatan pangan. “Pada 2045 ditargetkan Indonesia jadi lumbung pangan dunia. Untuk mewujudkannya kita harus punya strategi, yakni menyiapkan SDM yaitu pelaku pertanian dan peternak profesional, mandiri serta berdaya saing. Pembangunan SDM di Lemahduhur merupakan cara meningkatkan kapasitas petani,” jelasnya.

Menurut Momon, kebutuhan pertanian ke depan adalah menciptakan sistem pertanian berbasis teknologi. “Kita harus membangun petani sebagai profesi. Bukan hanya pekerja. Petani harus paham dari hulu ke hilir, dari produksi sampai pemasaran, bisnis pertanian. Petani harus ikuti perkembangan teknologi informasi dan perkembangan Iptek,” ungkapnya.

Terkait Polbangtan, kata Momon, paradigma lulusan Polbangtan harus diubah jadi wirausahawan muda bidang pertanian, jangan jadi job seeker (pencari kerja) tapi job creator (pecipta kerja). “Cara masuk Polbangtan bisa jalur umum atau jalur perwakilan daerah, terutama anak petani berprestasi,” katanya.

Terkait target tersebut, Kementan selama ini telah mengalokasikan anggaran santri tani di Kabupaten Bogor sebagai terbanyak di Jabar selain Cirebon dan Tasik. “Kami ingin ke depan santri tani akan jadi pengusaha di bidang pertanian. Ada 4-5 juta santri se-Indonesia. Perlu diberi life skill,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Launcing Desa Mitra Polbangtan Bogor, Siswoyo, menjelaskan, melalui program pengabdian Polbangtan ini para mahasiswa membina desa 2-3 tahun. Desa Lemahduhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor telah ditetapkan sebagai Desa Mitra Polbangtan Bogor berdasarkan hasil survei yang dilakukan tim. Program Pengabdian Masyarakat Polbangtan Bogor merupakan pemberdayaan Desa Mitra yang dilakukan terpadu dengan melibatkan dinas/instansi terkait.

(nto/c/feb/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here