METROPOLITAN – CIAWI – Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, melakukan jemput bola untuk melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Petugas Input Data PTSL Desa Banjarwaru, Agus Setiawan, mengatakan, pihaknya bersama anggota kelompok masyarakat (pokmas) lainnya melakukan upaya jemput bola kepada masyarakat agar mendaftarkan tanah miliknya.

”Kami lakukan upaya jemput bola. Jadi, kekurangan berkas nanti kita bereskan semua. Target kita satu RW itu dua hari. Setelah itu kalau ada kekurangan lain, silakan ke desa,” terangnya. Agus mengatakan, dalam program itu tidak begitu banyak, karena sebelumnya pihak desa sudah melaksanakan sosialisasi. ”Kendala dan hambatan tidak begitu terasa ya, karena sebelumnya kami melakukan sosialisasi ke RT/RW,” tuturnya.

Hal serupa dikatakan anggota pokmas PTSL lainnya, Dede Rahmat. Terkait pembiayaan, Desa Banjarwaru sudah melaksanakannya sesuai peraturan dan kesepakatan bersama tiga Kementerian RI (Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi/ PDTT).

”Selain itu, ada pula arahan dari Provinsi Jawa Barat. Pembiayaan bagi warga hanya mengeluarkan Rp150.000. Aturan itulah yang kami jalankan,” terangnya.

(ash/c/feb/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here