Disdagkop Kabupaten Sukabumi Genjot Pelaku UMKM

by -2 views

METROPOLITAN – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) bekerja sama dengan Diskominfosan dan platform Shopee kembali menggelar pelatihan bisnis online di II PLTA Kompleks Pusbangdai Cikembang.

Acara pelatihan yang diadakan oleh para peserta. UMKM yang tertarik dengan acara ini sangat tinggi dan tidak terakomodasi di acara pertama. Acara itu dibuka Kadisdagkop dan UKM Ardiana Trisnawiyana dan dihadiri Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan.

Ardiana menjelaskan, pelatihan yang diadakan sebagai persiapan untuk para pelaku UMKM agar memiliki pemahaman bisnis yang mapan dan diselesaikan. “Pelatihan ini selain mendorong pelatihan bisnis juga membangun pola fikir dan mental entrepreunershif, karena itu diperlukan inkubator bisnis untuk memulihkan dunia usaha yang akhir akhir ini sedang berusaha mengendalikan,” terangnya.

Sementara itu, Yani Jatnika Marwan dalam memberikan apresiasi terhadap pelatihan ini. Menurutnya, UKM yang handal akan meningkatkan perkonomian di Sukabumi bahkan ekonomi bangsa. “Yang penting terus berusaha, hargai prosesnya, dapatkan kepercayaan masyarakat melalui kualitas produk, sikapi pengembangan bisnis berbasis digital tanpa bijih tanpa harus meninggalkan bisnis dengan pola konvensional, prinsipnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal jalani kerja dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas, “paparnya.

Terkait sektor pemasaran, ketua Dekranasda ini menjelaskan, Kabupaten Sukabumi punya dekranasda, bisa memanfaatkan para UMKM sebagai media outlet produk untuk promosi dan memperkenalkan kepada masyarakat.

(ade / mam / run)