Dokter Yang Sukses Jadi Pengusaha Hotel

by -29 views

METROPOLITAN – Yuno Abeta Lahay adalah satu dari sekian banyak pebisnis hotel yang sukses di Kota Bogor. Lika-liku perjalanan mengelola usaha itu dilakoninya sejak 2009 hingga saat ini. Untuk mengenal lebih dekat dengan bapak tiga anak itu, berikut petikan wawancara Harian Metropolitan bersama pria yang juga mengemban amanah sebagai ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor tersebut.

Sejak kapan Anda terjun ke dunia bisnis?

Sejak kecil, karena keluarga saya basic-nya pebisnis. Tapi saya fokus sejak 2009 hingga saat ini. Jadi, darah pebisnis itu sudah mengalir dalam diri saya.

Mengapa ingin terjun di bidang tersebut?

Karena saya salah satu tulang punggung keluarga, sejak SMP saya suka dilibatkan mengurus restoran dan hotel keluarga. Makanya saya paham betul dunia perhotelan dan resto sejak masih duduk di bangku sekolah.

Apa kisi-kisi berhasil di dunia bisnis?

Kunci bisnis itu adalah kejujuran, ulet dan ngitung.

Adakah pengalaman menarik selama jadi pebisnis?

Sebetulnya saya pernah berprofesi sebagai dokter. Saya memulainya pada 2006. Saya pernah bekerja di berbagai rumah sakit Kota Bogor dan membuka praktik sendiri sebagai dokter umum dan pribadi. Tapi berakhir pada 2009.

Apa yang menarik di bidang kesehatan?

Dulu saya pikir mau bagaimanapun keadaannya dunia kesehatan nggak akan pernah mati. Tapi saya merasa industri kesehatan saat itu tidak manusiawi. Karena pasien akan mendapatkan perawatan jika sudah membayar sejumlah uang. Itu versi saya sendiri, perlu digarisbawahi. Saya merasa tidak cocok dengan itu. Hingga akhirnya saya keluar setelah tiga tahun berkecimpung di dunia kesehatan dan kembali ke dunia bisnis keluarga.

(ogi/c/els/py)