Ekonomi Warga Ciletuh Meroket

by -0 views

METROPOLITAN – Perkembangan ekonomi warga di sekitar kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, terus menggeliat. Hal itu tampak dari mulai banyaknya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tumbuh di sekitar geopark.

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu merupakan objek wisata yang ditetapkan sebagai bagian Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) Global Geoparks (UGG) pada 2018 lalu. Proses penetapan hanya berjarak sekitar tiga tahun setelah menjadi geopark nasional.

” Sejak ditetapkan menjadi geopark di sini mulai ramai pengunjung, ” katakan salah seorang warga yang memulai warung makanan di sekitar geopark di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, N Ummi (42).

Meski demikian, keramaian pengunjung biasanya terjadi di akhir pekan yaitu Sabtu dan Ahad. Selain itu, ada acara yang digelar di kawasan geopark. Ummi menuturkan, pengunjung meningkatkan pengunjung. Alasannya, pengunjung membeli makanan, juga membeli oleholeh dari warga yang berjualan.

Ke depan, katakanlah Ummi, warga berharap agar ekonomi warga di sekitar geopark terus meningkat. Harapannya dapat mendongkrak kesejahteraan warga. “Pemerintah tengah mendorong fasilitas penunjang yang akan jadi perhatian di geopark,” ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Salah satunya dengan mengembangkan ide baru jadi orang baru tidak hanya melihat bebatuan saja karena sedang disponsori.

Marwan menambahkan, pengembangan geopark juga dengan melakukan pemberdayaan masyarakat. Percaya warga di sekitar lokasi geopark dapat merasakan pengaruh positif dari kehadiran geopark. Namun pengembangan wisata alam ini akan dibarengi penyediaan kawasan kuliner dan hotel. “Oleh karena itu kami menggandeng Kota Sukabumi yang menyediakan kawasan kuliner dan perhotelan, ” ujar Marwan. Sebabnya lokasi sentra kuliner dan hotel di Kota Sukabumi terpusat di perkotaan.

Membantu, lanjut Marwan, ada kolaborasi antara Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi. Di mana Kabupaten Sukabumi menyediakan potensi wisata alam dan Kota Sukabumi menyediakan fasilitas hotel serta sentral kulinernya. (rep / mam / lari)