METROPOLITAN – LEUWILIANG – Penunjukan calon Pejabat Sementara (Pjs) di Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, oleh camat Leuwiliang menimbulkan polemik. Sebab, calon pjs yang bakal ditempatkan itu diduga ada muatan politik dalam memenangkan Pemilu Legislatif.

”Kami minta camat jangan ikut berpolitik, apalagi sampai ada intervensi dari BPD untuk memenangkan salah satu caleg di Desa Karacak. Kalau ingin berpolitik untuk memenangkan salah satu caleg di Kabupaten Bogor ya silakan, tapi tanggalkan statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),” ujar Kepala Desa (Kades) Karacak, Dudi Hermansyah. Meski begitu, Dudi menyebutkan bahwa dalam menentukan siapa pjs di Desa Karacak nanti harus ASN yang bersikap netral, tidak terlibat politik. ”Saya minta pjs kades Karacak yang ditempatkan camat Leuwiliang merupakan orang yang paham akan aturan desa dan mengerti kondisi desa. Jangan asal tunjuk dan menimbulkan polemik di kemudian hari,” tegasnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Camat Leuwiliang, Chairuka Judhyanto, mengungkapkan, ASN yang bakal menjadi pjs di enam desa nantinya mereka yang mengerti tentang pemerintahan desa. Yang terpenting, mereka tidak terlibat politik. Pihak kecamatan juga sudah menggelar musyawarah dengan kepala desa yang habis masa baktinya. Keenam pjs itu antara lain Agus di Desa Barengkok, Ayi Wahyu Kusma di Desa Karacak, Suhandi di Desa Leuwimekar, Dedi di Desa Cibeber 1, Deni di Desa Karehkel dan Oding Sukatma di Desa Karyasari. “Semuanya ASN yang bekerja di Kecamatan Leuwiliang,” katanya. Adanya anggapan pjs itu terlibat politik, pihak kecamatan menjamin keenamnya bisa bersikap netral dalam menjalankan tugasnya di desa nanti. Keenamnya bakal menjabat sebagai pjs di desa sampai terpilihnya hasil pilkades pada 3 November 2019. Mereka akan dilantik di aula Kecamatan Leuwiliang, Selasa (16/4). “Jika ada pjs yang terbukti terlibat politik, tentu ada sanksi dari KSN atau Bawaslu Kabupaten,” tukasnya.

(ads/b/els/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here