METROPOLITAN – Dalam rangkaian HUT ke-32 Universitas Djuanda (Unida), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unida menggelar seminar bertema ’Dari FISIP Mengamalkan untuk Kemajuan’ di Ruang 3.03 Gedung FISIP Unida, Rabu (10/4). Seminar ini pun menyajikan diseminasi hasil Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa dan pengabdian masyarakat serta launching PMB FISIP online, setelah sebelumnya menghelat Talkshow Pemilu dan Bedah Buku .

PAPARAN dengan metode panel ini dimoderatori Wakil Dekan III, Y.G.G. Seran, serta pembicara Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Publik Irma Purnamasari, Kepala Program Studi Maria Fitriah, Camat Babakanmadang Yudi Santosa dan kepala desa se-Kecamatan Babakanmadang. Dekan FISIP Unida, Denny Hernawan, mengatakan, di era saat ini mahasiswa tak semata dikenal ‘berkamuflase’ di kampus, tapi sudah bisa berkontribusi nyata terhadap lingkungan masyarakat melalui pengabdian masyarakat. Di antaranya KKL sebagai salah satu rutinitas yang dijalankan. “Di sana mahasiswa bisa hidup bermasyarakat, sosialisasi dengan mempraktikan teori-teori yang diperoleh dalam kelas saat kuliah. Lalu diterapkan di luar kelas, di dunia sebenarnya,” katanya.

Diseminasi hasil KKL dan Pengabdian Masyarakat ini disampaikan kedua kepala program studi, di mana KKL 2018, baik prodi Ilmu Administrasi Publik dan Sains Komunikasi, melakukan kegiatan di beberapa desa se-Kecamatan Babakanmadang. Setiap desa dikirimkan satu kelompok untuk KKL 2018. Sementara itu, Camat Babakanmadang, Yudi Santosa, mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa FISIP yang sudah mengambil gambaran kondisi desa di kecamatan yang ia pimpin. Sebab, ia merasa penggambaran tidak cukup dilakukan pemerintah setempat saat bekerja memberikan kebutuhan desa. “Adanya potret dari para mahasiswa KKL, kami terbantu untuk evaluasi perbaiki atau melengkapi, ibarat puzzle, apa yang perlu ditutupi dari anggaran dana yang kami miliki, akan digunakan untuk menutupi kekurangan. Sehingga potret yang ‘berlubang’ itu bisa ditutupi dan menjadi lebih baik,” tuntas pria yang juga ketua Umum Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Bogor itu. (ryn/c/ yok/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here