Formulir C6 Bisa Minta Ke KPPS

by -0 views

METROPOLITAN – Tiga hari jelang pemilu 2019, partisipasi masyarakat sudah memamerkan undangan pemilihan atau biasa disebut C6. Namun bagi yang belum mendapatkan bisa memintanya ke panitia Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pemilih yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan mendapatkan Formulir C6 atau menyetujui untuk memilih. Formulir tersebut wajib dibawa ke TPS saat pemungutan suara hari, Rabu (17/4). ”Formulir C6 ini membahas atau memilih yang mewakili siapa dan seterusnya, nanti bisa memilih jumlah TPS, alamatnya di mana. Jadi itu diundang, bukan undangan, ”kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis.

Ia juga mengatakan, C6 bukan sebagai persyaratan memilih. ”Bukan sebagai persyaratan, C6 hanya diterima,” katanya.

Viryan menjelaskan C6 yang diumumkan yang diberikan kepada pemilih oleh KPPS. Formulir C6, nomor TPS, alamat TPS hingga nama pemegang. ”Terkait Formulir C6, itu diumumkan untuk memilih. Jadi masyarakat untuk memilih dari petugas kami di KPPS yang menyerahkan formulir C6, yaitu memilih untuk pemilih, ”kata Viryan.

Diketahui, Formulir C6 diberikan maksimal H-3 sebelum hari pencoblosan. Pemilih yang belum mendapatkan C6 dapat meminta pada petugas KPPS atau kantor KPU desa / kecamatan. Hal kedua yang bisa dilakukan adalah mendatangi kantor desa / kelurahan atau kantor KPU kabupaten / kota. Di kantor tersebut, petugas akan mengecek pemilihan pemegang saham di TPS, meminta pemilih dapat meminta persetujuan C6 kepada petugas KPPS yang meminta di TPS pemilih. Pemilih juga dapat melakukan pengecekan keterdaftar TPD di portal www. lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Di halaman utama protal tersebut, pemilihan nomor dan nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP-el. Harus dipastikan pemilih mengisi kolom dengan benar. Selanjutnya, kolom akan menampilkan nama, jenis kelamin, provinsi, kabupaten / kota, kecamatan dan kelurahan, serta TPS pemiliih, jika pemilih sudah terdaftar di DPT. Jika pemilih belum terdaftar di DPT, maka data tak akan tertampil. (kps / dtk / els / run)