Gencarkan Gerakan Sehat Berbasis Keluarga

by -

METROPOLITAN – Menjadi seorang pejabat di lingkungan pemerintah, bukanlah hal mudah. Berikut kisah Dian Mulyadinsyah yang kini mengemban amanah menjadi kepala Bidang Rehabilitasi di Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor. Bagaimana sepak terjang ayah dua anak ini, berikut petikan wawancaranya dengan wartawan Harian Metropolitan.

Bagaimana upaya Anda dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)?

Kami sedang berupaya mengajak masyarakat bersama-sama dalam menangani PMKS. Cukup berat rasanya kalau program rehabilitasi sosial ini bisa berhasil. Tapi semoga melalui program rehabilitasi sosial berbasis masyarakat ini mampu menekan laju perkembangan PMKS.

Saat ini kegiatan apa yang sedang Anda lakukan untuk menekan PMKS di Bogor?

Kami selalu melakukan gerakan meningkatkan peran serta masyarakat dan keluarga dalam upaya preventif dan rehabilitatif dalam penanganan PMKS, pengurangan tindak kekerasan dan perdagangan orang serta penguatan gerakan rehabilitasi sosial berbasis keluarga dan masyarakat.

Apa yang paling banyak ditemukan tim Anda di lapangan?

Masih banyak kami menemukan PMKS yang belum memiliki KTP-el. Ini yang menyulitkan tim untuk memasukkan mereka pada SIM PMKS atau basic data terpadu.

Sementara itu, berapa jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODJG) yang sudah ditangani Dinsos Kabupaten Bogor?

Dinsos hanya mendampingi keluarga penyandang disabilitas mental alias ODJG. Tindak lanjutnya dilimpahkah ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan rehabilitasi medis. Apa suka-dukanya saat Anda melakukan pendampingan ODGJ?

Tidak ada duka, yang ada tantangan ketika meyakinkan keluarganya agar mau membawa ODJG tersebut ke RSJ. Terlebih, banyak keluarga belum melangkapi diri dengan kartu BPJS PDM.

(mul/d/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *