Hadirkan Perubahan Positif Di Masyarakat

by -5 views

METROPOLITAN – Wulan, seorang pegiat organisasi dari Bogor. Pemilik nama lengkap Wulandari ini sudah malang-melintang di dunia keorganisasian. Kehadirannya di dunia organisasi, karena ingin menghadirkan perubahan positif di masyarakat. Lantas seperti apa target yang dimaksud? Berikut petikan wawancara Harian Metropolitan bersama Tim Kaderisasi Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Puteri (Kopri PB PMII):

Sejak kapan Anda aktif di dunia keorganisasian?

Aktif sejak duduk di bangku Madrasah Aliyah (MA) di Ponpes Alfiqoriyah. Saat itu saya masuk OSIS dan menjadi wakil ketua OSIS. Lalu saat saya menjadi mahasiswa ikut organisasi ekstrakampus yaitu PMII sampai hari ini. Ada juga beberapa organisasi lain yang saya jalani.

Apa yang melatarbelakangi Anda mau aktif di dunia organisasi?

Yang saya pahami manusia diciptakan untuk beribadah sesuai QS Azariyat:56, yakni menjadi kholifah fil ardhi atau pemimpin di muka bumi. Maka, kedua hal ini yang menjadi bahan dorongan bagi saya berkecimpung di dunia organisasi. Apalagi, di organisasi kita selalu dihadapkan untuk melakukan sesuatu untuk banyak orang, mendahulukan kemaslahatan bersama sehingga jiwa kepemimpinan akan terasah disini. Pun demikian dengan ibadah. Jelas ada kaitannya ketika kita berorganisasi, karena pikiran kita hanya berpikir berbuat sesuatu yang manfaat untuk orang sekitar. ”khoirunnas anfauhum linnas” sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain.

Selama keaktifan Anda, apa yang ingin Anda perbuat sebagai penggiat organisasi?

Banyak hal yang saya ingin lakukan. Tapi tujuan atau keinginan itu saya sesuaikan dengan jenis organisasinya, karena beda organisasi beda tujuan. Tapi sebagian besar organisasi yang saya geluti adalah wadah perempuan. Maka saya bertujuan ingin mengembangkan potensi perempuan di masyarakat.

Kenapa?

Karena masih banyak perempuan yang belum tahu atau sadar tentang potensi dirinya. Intinya, saya ingin gerakan perubahan positif yang bisa saya lakukan melalui kegiatan-kegiatan organisasi untuk masyarakat.

Adakah terobosan yang Anda miliki?

Terobosan paling ingin saya lakukan adalah mengaktifkan pemuda di masyarakat untuk berorganisasi. Ketika pemuda sudah bisa bersatu dalam satu tujuan dan ketika pemuda bisa bergerak, saya yakin ada sebuah perubahan positif di masyarakat sekitar. Karena kedua poin itu pemuda dan organisasi menjadi dua kekuatan besar modal untuk membuat sebuah gerakan perubahan di masyarakat.

(rez/py)