Jiwa Terancam Hingga Orang Pilihan Sang Pencipta

by -33 views

METROPOLITAN – Burhansyah, seorang pegawai di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor. Ia bekerja sebagai pejinak si jago merah sejak 23 tahun lalu. Banyak pengalaman yang ia rasakan selama bekerja di Damkar Kabupaten Bogor. Lantas seperti apa kisah perjalanan karier Staf Bidang Operasional Damkar Kabupaten Bogor tersebut? Berikut petikan wawancara Harian Metropolitan bersama pria kelahiran 1974 itu:

Sejak kapan Anda bekerja di damkar?

Saya bekerja sejak 1996. Sebelumnya damkar ini masih bergabung dengan BPBD Kabupaten Bogor.

Apa yang mendorong Anda mau bekerja di Damkar?

Bekerja di damkar bukanlah citacita saya. Tapi ini panggilan jiwa dan saya meyakini bahwa orang-orang yang bekerja di damkar adalah orangorang pilihan sang pencipta, sebagai jiwa penolong atau penyelamat. Profesi kami mungkin tidak membuat bergelimang harta. Tapi kami punya cerita yang tidak dimiliki orang lain. Sebagai petugas damkar, misi seperti apa yang Anda miliki? Misi saya adalah menjadikan personel damkar lebih profesional.

Adakah prestasi selama Anda bertugas di damkar?

Yang paling membanggakan adalah bisa berpartisipasi mendampingi anggota untuk meraih juara skill tingkat nasional. Lalu, juara 1 di Jakarta 2017 dan juara 2 tingkat nasional di Pekanbaru dalam Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran.

Selama bekerja di damkar, adakah suka duka yang Anda rasakan?

Sukanya, kita bisa menolong orang yang membutuhkan karena prinsip saya yang disebut bahagia itu di mana kita bisa memberi kepada orang lain. Contohnya memberikan pertolongan dan lain-lain. Sedangkan dukanya, profesi kami mengancam jiwa. Untuk itu, kami berharap kesejahteraan anggota harus lebih diperhatikan lagi.

Adakah yang lainnya?

Pernah sewaktu memadamkan kebakaran di Cileungsi 2014, mobil damkar yang kami tumpangi terbalik di Pasturunan PPLI Klapanunggal. Tapi, Alhamdulillah kami yang beranggotakan tiga orang itu mengalami memar-memar dan satu orang mengalami luka di kepala dan harus dilarikan ke rumah sakit.

(rez/py)

Loading...