LSM dan Ormas Harus Sukseskan Pemilu

by -0 views

METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengajak pelaku organisasi untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2019. Sebab, kesuksesan pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara semata, melainkan seluruh warga negara Indonesia.

“Saya mengajak seluruh ormas dan LSM untuk mengajak anggotanya dan warganya berpartisipasi aktif dengan mendatangi TPS pada 17 April nanti,” kata Komisioner KPU Jabar Idham Holik saat Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat dengan LSM dan Organisasi Masyarakat Di Pemilu 2019 di Bandung, (13/4).

Dalam sosialisasi itu, idham juga memaparkan fenomena demokrasi di Indonesia dalam Pemilu 2019, salah satunya soal hoaks. Dirinya menyebut hoaks kali ini lebih massif dibanding pemilu 2014 dan mudah menyebar dab dipercaya masyarakat.

“Saat ini ada kecenderungan pemilih lebih mengedepankan emosional daripada rasionalitas. Hal tersebut tentu saja menjadi kabar yang tidak sedap, sebab hoax bisa mengancam pemilu itu sendiri,” kata Idham.

Untuk itu, penting untuk menumbuhkan kesadaran literasi informasi. Idham yakin, dengan literasi informasi yang kuat akan mengurangi tingginya hoax di masyarakat. Selain itu, Idham juga membahas soal fenomena politik uang. Ia mengaku miris dengan hasil survei yang menyatakan jika politik uang adalah hal biasa. Kondisi ini berdampak negatif sebab nantinya warna demokrasi di Indonesia hanya bisa diisi oleh politisi-politisi yang memiliki modal kuat. “Mari berikan pencerahan kepada masyarakat untuk menolak politik uang,” ajaknya. (*/fin)