Menristekdikti : Ujian Masuk PTN Mudahkan Siswa

by -10 views
TES MASUK: Sejumlah calon mahasiswa saat mengikuti proses seleksi tes masuk PTN bersaing dengan ratusan calon mahasiswa lainnya.

METROPOLITAN – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, mengatakan, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memberikan kemudahan bagi siswa.

”UTBK kali ini punya banyak kemudahan bagi peserta, termasuk tes bisa dilakukan di setiap provinsi dan hasil nilai muncul 10 hari setelah tes beserta rata-rata nilai dari seluruh peserta secara nasional,” ujarnya. Sebelumnya, menristekdikti meninjau pelaksanaan UTBK gelombang pertama di Universitas Indonesia di Salemba, Jakarta. UTBK di Jakarta dilaksanakan di tiga lokasi, yakni Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Veteran Nasional.

Menristekdikti menyatakan bahwa peserta UTBK diharapkan bisa belajar dari tes pertamanya di UTBK untuk mencoba lagi pada tes kedua, apabila dia merasa belum maksimal dites pertama. ”Kalau dia saat tes nilainya dirasa kurang yakin, dia diberikan kesempatan lagi untuk tes kembali. Dua kali dia bisa melakukan tes ini,” tambahnya.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi, menyatakan pelaksanaan UTBK SBMPTN kali ini berbeda dengan SBMPTN tahun lalu, karena diselenggarakan tidak sekali, melainkan beberapa kali. Namun perlu ada upaya lebih untuk memastikan soal UTBK tidak disebarluaskan.

”Kalau dulu model berbasis kertas, berbasis cetak ini gampang sekali (disebarluaskan). Ini soalnya kami sudah punya berpuluh-puluh set yang kita sudah siapkan. Dalam satu ruangan itu, bahkan sebelahan tidak bisa saling jiplak-menjiplak. Ini sudah kamilakukan sedemikian rupa. Walaupun tidak sama, ini setara. Sistem kesetaraan ini kamipertanggungjawabkan secara ilmiah,” jelas Ravik.

Dalam UTBK SBMPTN kali ini, mahasiswa mendapat nilai terlebih dulu untuk masing-masing sesi UTBK. Terkait passing grade atau batas minimal untuk masuk ke masing-masing PTN, tahun ini belum terlihat. Namun, LTMPT akan memberikan data statistik yang bisa digunakan mahasiswa untuk menentukan PTN yang dapat diambil. (re/feb/py)