Pakai Riasan Saat Olahraga Picu Jerawat

by -4 views

METROPOLITAN – Apakah Anda menggunakan riasan ketika sedang olahraga? Itu rupanya tidak sehat bagi tubuh, khususnya kulit. ”Sebab, riasan menutupi permukaan kulit dan pori-pori. Saat berolahraga, Anda memproduksi keringat dan minyak yang membuat pori-pori padat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebihan,” kata dokter kulit dari Union Square, San Francisco, Amerika, Yunyoung Claire Chang.

Selain itu, ini juga bisa memicu jerawat. Dokter kulit dari Smarter Skin Dermatology, New York, Sejah Shah, menambahkan, jika Anda melakukan olahraga di malam hari, maka akan semakin memperparah kulit wajah. ”Tidak lagi hanya riasan,” kata Sejah. ”Anda juga punya partikel mikro dan polutan lingkungan yang menempel pada lapisan riasan kulit Anda.

” Intinya, sambung Sejah, menggunakan riasan wajah saat berolahraga bisa menimbulkan gangguan pada kulit wajah, seperti pori-pori tersumbat, kekusaman dan jerawat berlebih. Berikut hal yang perlu diingat untuk membersihkan kulit setelah berolahraga:

1. Hindari gel pembersih yang cenderung mengandung deterjen keras (seperti natrium lauril sulfat) dan pakailah bahan yang mengandung asam salisilat (obat untuk mengatasi masalah kulit) bahkan jika kulit berjerawat.

2. Jika senang membawa peralatan rias ke luar rumah, jangan lupa membawa make up remover serta kain untuk mengoleskannya ke wajah. Kain lembut lebih mudah membersihkan wajah Anda.(de/ feb/py)