Partai Gerindra Peraih Kursi Terbanyak

by -0 views

BULUNGAN – Rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten Bulungan, Kaltara, digelar sejak Sabtu (27/4) pagi hingga Minggu (28/4) pukul 04.00 Wita, berlangsung tanpa ada protes berlebihan dari para saksi.

Hasil rekapitulasi tersebut, ujar Ketua KPU Bulungan Lili Suryani, sudah bisa menggambarkan peringkat perolehan suara partai di tingkat kabupaten, termasuk siapa-siapa saja caleg yang akan duduk di DPRD Bulungan.

“Saat ini sudah kelihatan, namun resminya menunggu setelah selesai diajukan ke MK,” katanya usai pelaksanaan rekapitulasi di Gedung Wanita Tanjung Selor.

Dijelaskannya, hasil rekapitulasi tersebut sudah diteruskan ke KPU Kaktara, untuk selanjutnya dilakukan rekapitulasi di tingkat Provinsi.

“Nanti dari provinsi, dikirim lagi ke pusat. Setelah itu kita tunggu apakah ada gugatan atau tidak di Mahkamah Konstitusi (MK). Setelah tiga hari di MK, baru akan diumumkan penetapan kursinya beserta siapa yang duduk secara resmi,” ungkapnya.

Dari hasil rekapituasi diketahui Partai Gerindra menjadi pemenang di daerah pemilihan (dapil) 1 yang mencakup Kecamatan Tanjung Selor dan Tanjung Palas Timur dengan perolehan suara mencapai 4.305.

Sementara di dapil 2 yang mencakup Kecamatan Tanjung Palas, Tanjung Palas Barat, Peso, dan Peso Hilir, didominasi Partai Golkar dengan perolehan suara sebesar 2.867. Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi pemenang di dapil 3, yakni Kecamatan Tanjung Palas Utara, Tanjung Palas Tengah, Sekatak, dan Bunyu, dengan total suara sebanyak 3.009.

Dari perolehan suara partai tersebut, hanya Partai Gerindra yang berhasil mendapat dua kursi di satu dapil, yakni dapil 1. Sementara untuk dua dapil lainnya, setiap partai akan mendapat satu kursi, sesuai urutan perolehan suara dengan kuota kursi. Sehingga hanya partai Gerindra yang berpotensi mendapat 4 kursi di DPRD Bulungan.

“Kita lihat semuanya rata, namun dapil 1 ini yang mendapatkan rangking tertinggi mendapatkan dua kursi,” jelasnya.

Dengan perolehan kursi paling banyak, Gerindra Bulungan sangat berpotensi menduduki kursi ketua DPRD, walau dari hasil penjumlahan suara partai di seluruh dapil, Gerindra masih kalau dengan Golkar. Partai Golkar menjadi pendulang suara terbanyak di Bulungan dengan total 9.076 suara.

Disusul Partai Gerindra yang mendulang suara sebanyak 8.712, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 7.774 suara.

Kabupaten Bulungan, menjadi salah satu daerah di Kaltara yang tak perlu menggelar proses pemungutan suara ulang (PSU) pada pelaksanaan Pemilu 2019. Hal itu dianggap Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami, sebagai faktor penunjang, cepatnya proses rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang diselesaikan KPU Bulungan. (*/fai/mrs/uno/udi)

Sumber : jpnn