METROPOLITAN – Pasca­-hujan deras yang mengguyur hampir di seluruh wilayah Bogor pada Minggu (14/4), gudang tempat penyimpanan logistik pemilihan umum (pemilu) di Kecamatan Ciseeng diterjang longsoran lumpur. Setidaknya pasca-kejadian tersebut, sekitar 300 hingga 400 kotak suara yang akan digunakan untuk pesta demokrasi 17 April mendatang dipastikan tak bisa digunakan.

Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan Ciseeng Mulyadi menjelaskan, kejadian itu bermula sekitar pukul 19:00 WIB. Hujan deras dan angin kencang yang terjadi kemarin malam mengakibatkan jebolnya tembok gudang penyimpanan logistik pemilu. “Temboknya jebol, jadi tanah dan lumpur masuk ke dalam gudang,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Pihaknya juga langsung sigap melakukan evakuasi sementara, dengan memindahkan sejumlah barang ke tempat yang lebih aman. Pihaknya juga langsung mengosongkan gudang lantaran takut terjadi bencana susulan. “Langsung kita lakukan evakuasi pemindahan barang-barang ke tempat yang lebih aman, di aula PGRI tidak jauh dari lokasi gudang lama,” ujarnya.

Pasca-kejadian tersebut, sekitar 300 hingga 400 kotak suara dipastikan tidak bisa digunakan. Tak hanya itu, sejumlah formulir dan berkas dokumen penting lainnya juga tidak bisa diselamatkan pihaknya. “Basah dan kotor, lumpur semua. Ada sekitar 5 sentimeter lumpurnya di dalam. Kami hanya fokus menyelamatkan sejumlah barang yang sekira masih bisa digunakan,” tuturnya.

Mulyadi juga mengaku bakal melakukan pengajuan penggantian kotak suara kepada pihak Pemerintah Kabupaten Bogor. Dirinya berharap penggantian kotak suara baru sesegara mungkin bisa sampai. Mengingat waktu pemilihan hanya menyisakan dua hari lagi. “Kita akan minta ganti yang baru karena kotak suara sudah tidak bisa digunakan. Kita semua berharap kotak suara baru dapat tiba dengan segera. Karena hari pemilihan juga semakin mepet,” pintanya.

Sekadar diketahui, lokasi gudang lama tempat penyimpanan logistik berada tepat di belakang kantor Kecamatan Ciseeng. Pasca-kejadian tersebut, kemungkinan besar gudang lama tidak akan digunakan, mengingat kondisi lokasi yang tidak aman. Sementara gudang baru logistik pemilu Kecamatan Ciseeng berada di gedung aula PGRI tidak jauh dari lokasi gedung lama.

Ratusan Kertas Suara Rusak Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor Heri Setiawan mengatakan, secara garis besar untuk logistik pemilu sudah tersebar di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor. “Sembilan puluh lima persen kita sudah siap untuk menggelar pemilu. Sebagian logistik juga sudah kita sebar di semua kecamatan,” katanya saat dikonfirmasi Metropolitan, kemarin.

Disinggung soal surat suara rusak, ia mengaku saat ini permohonan pergantian surat suara yang rusak sedang dalam proses pengerjaan. Pengerjaan itu nantinya bakal dilakukan bertahap dan berangsur. “Kalau untuk surat suara sedang dalam tahap pengiriman dari pihak KPU pusat dan pihak percetakan surat suara,” ungkapnya. (ogi/c/mam/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here