Si Jago Merah Lahap SPBU

by -12 views

METROPOLITAN – Pompa Pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, terbakar. Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 01:30 WIB dengan diawali ledakan kecil. Api pun langsung menyambar boks dan mobil yang sedang mengisi BBM hingga menghanguskan satu blok tempat pengisian BBM.

Selain itu ada dua unit mobil yang parkir di luar SPBU tergantung kerusakan tersambar api. Sementara kerusakan di SPBU yaitu satu mesin boks (dispenser) Pertalite dan Solar hangus terbakar. Peristiwa yang mengagetkan warga di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) itu masih dalam proses penyelidikan Polsek Cibadak, Polres Sukabumi. Pihak kepolisian pun telah melaksanakan TKP.

Kepala Unit Reskrim Polsek Cibadak Iptu Madun menjelaskan kebakaran di pom bensin itu berawal saat mobil bak terbuka Suzuki Membawa bahan bakar di SPBU tersebut. Saat mengisi bahan bakar, mesin mobil yang tidak layak masih menyala. “Diduga mobil yang masih menyala ini memperbaiki korsleting lalu menyambar bahan bakar yang sedang diisikan hingga rusak mobil dan pom bensinnya,” kata Madun.

Akibat kebakaran tersebut, lanjutnya, sopir mobil bak terbuka mengalami luka bakar yang langsung dievakuasi ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sekarwangi, Cibadak. Sedangkan api bisa ditanggulangi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Sementara itu, Unit Manager Communication Relation dan CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami dalam keterangan tertulisnya mengatakan, pascainsiden kebakaran di SPBU 34. 43307 Sekarwangi, Cibadak, Sukabumi, untuk sementara tidak beroperasi. Masyarakat bisa mendapatkan BBM di SPBU lain yang berdekatan, yakni di SPBU 34.43315 di Jalan Perintis Kemerdekaan, Cibadak, atau SPBU 34.43302 di Karangtengah Lodaya. SPBU alternatif berjarak sekitar 500 meter hingga 1 km dari SPBU Sekarwangi Cibadak.

“Untuk stok BBM aman dan telah kami siapkan cadangan cadangan, karena hari ini merupakan liburan panjang. Kami terus membeli persediaannya agar masyarakat tetap nyaman saat melakukan perjalanan ke Sukabumi dan sekitarnya,” kata Dewi.

Dewi mengimbau konsumen agar tetap mengutamakan aspek keamanan saat mengisi BBM di SPBU, seperti mengganti mesin kendaraan dan juga tidak menggunakan telepon seluler. “Saat mengisi BBM di SPBU, mesin kendaraan dalam keadaan mati dan tidak menggunakan telepon seluler,” imbaunya. (kmp / mam / lari)