Unik, TPS Bertema Bola Tekan Golput

by -5 views

METROPOLITAN – Banyak cara dilakukan penyelenggara Pemilu 2019 untuk mengimbau masyarakat agar tidak golput. Salah satunya TPS 23 di Kampung Talaga, RT 01/05, Desa Sukasari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Pihak KPPS mendesain TPS dengan bintang sepak bola kelas dunia. Bahkan, panitia juga memakai atribut suporter bola.

Warga sekitar, Juli (40), menuturkan, TPS ini sangat kreatif, karena baru pertama kali melihat TPS unik di Desa Sukasari. “Saya kaget pas datang, TPS ini unik sekali. Dalam TPS juga banyak bola. Ada juga bacaan untuk mengajak masyarakat supaya jangan golput,’’ tutur Juli saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Ketua KPPS 23, Asep Bahrudin, menjelaskan, Tempat Pengutan Suara (TPS) ini merupakan hasil karya penyelenggara Pemilu 2019.

“TPS ini diubah dengan atribut bola agar masyarakat bersemangat datang ke TPS,’’ katanya. “Sejauh ini yang hadir ke TPS kurang lebih sekitar 75 persen, dari jumlah suara 169,’’ tuturnya.

Untuk mendesain TPS agar terlihat unik dan menarik, ia harus mengularkan anggaran tambahan dengan swadaya bersama masyarakat sekitar. “Anggaran untuk pembuatan TPS kan terbatas, sisanya kami pakai swadaya. Pokoknya bagaimana TPS ini unik dan masyarakat antusias datang,’’ pungkasnya.

(mul/b/suf/py)