Virgil van Dijk Terpilih Pemain Terbaik Liga Inggris

by -1 views

Jakarta – Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, dinobatkan menjadi Pemain Terbaik Liga Inggris 2018-2019 versi PFA (Asosiasi Pesepak Bola Profesional). Virgil van Dijk menyisihkan dua pemain Manchester City yang juga menjadi kandidat Pemain Terbaik Liga Inggris 2018-2019, Bernardo Silva dan Raheem Sterling. Terpilihnya seorang bek menjadi Pemain Terbaik Liga Inggrisadalah kejadian yang langka. Pada era Premier League atau Divisi Utama Liga Inggris sejak 1992-1993, hanya ada 3 bek yang pernah terpilih sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris.

Selain Virgil van Dijk pada musim ini, dua bek lainnya adalah Paul McGrath (Aston Villa/1992-1993) dan John Terry (Chelsea/2004-2005). Ada alasan kuat mengapa Van Dijk terpilih sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris 2018-2019. Kalau seorang striker terpilih menjadi pemain terbaik, biasanya ukuran yang dipakai adalah kemampuannya mencetak gol yang tidak bisa dihentikan lawan. Ukuran buat Van Dijk adalah kemampuannya untuk tidak bisa dilewati lawan yang luar biasa. Seperti dikutip Bolasport.com dari Opta, Van Dijk punya statistik hebat soal ini.

Tidak ada pemain lawan yang mampu melakukan dribel sukses melewati Virgil van Dijk dalam 36 penampilan sang bek di Premier League musim ini. Catatan itu bahkan sudah terjadi lebih lama, tepatnya sejak Maret tahun lalu, yang artinya tidak ada pemain yang bisa melewati Van Dijk dalam 45 penampilan terakhirnya di Premier League. Statistik defensif lain kian mengonfirmasi kelayakan bek berusia 27 tahun ini menjadi Pemain Terbaik Liga Inggris 2018-2019. Jagoan dalam perebutan bola di udara dengan rata-rata memenangi 4,7 duel udara per partai, Van Dijk juga tanpa kompromi dalam mengamankan daerahnya dengan rata-rata membuat 5,4 sapuan per laga. Berkat performa bagus Van Dijk, Liverpool mampu 20 kali mendapatkan hasil clean sheet alias tidak kebobolan dalam 36 laga Liga Inggris musim ini.

Sumber : Tribun