Warga Sukabumi Ingin Punya Bioskop

by -7 views

METROPOLITAN – Pada momen Hari Jadi ke-105 Kota Sukabumi, sebagian besar warga, sebagian besar muda, berharap akan hadirnya bioskop. Selama ini warga Sukabumi harus menuju Bogor atau Bandung untuk menonton film di bioskop.

Aspirasi warga tersebut disampaikan kepada warga melalui media sosial (medsos) Instagram maupun Facebook. Harapan warga itu pun direspons Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

“Banyak yang meminta fasilitas bioskop dan sekarang ini memang ada dua investor yang melakukan penjajakan,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Investor yang diharapkannya bisa membuka fasilitas itu di Sukabumi.

Sebelumnya, tutur Fahmi, pihak XXI sempat melakukan survei ke Kota Sukabumi. Namun karena pertimbangan bisnis, perusahaan tersebut menanamkan investasinya di Sukabumi.

Padahal, ungkap Fahmi, potensi pasar di Sukabumi cukup baik. Yang paling disukai adalah teater yang dikunjungi. Ia menerangkan bukan ranah pemda untuk membangun teater. Pembangunan bengkel harus menunggu investor untuk datang ke Sukabumi.

Menurut Fahmi, meski belum ada bioskop, pihak perfilman di Sukabumi tetap menerima karya yang tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Hal itu menunjukkan para sineas muda asal Sukabumi memiliki jiwa kreatif dan keahlian yang unggul dalam film.

Diterbitkan pada akhir Maret 2019 lalu, para pelaku film di Sukabumi menggelar kontribusi kegiatan dalam percakapan Hari Film Nasional Tahun 2019 dan HUT ke-105 Kota Sukabumi.

Ketua Panitia Hari Film Nasional Kota Sukabumi Agus Permana mengatakan, momen mengingat hari film di Sukabumi cukup semarak. “Misalnya ada program workshop, film keliling dan film jambore Sukabumi,” cetusnya. (rep / mam / lari)