METROPOLITAN – Pemilu jadi momentum bagi operator seluler untuk memperkuat jaringan. Ini pula yang dilakukan operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk yang sengaja memperkuat jaringannya untuk mengantisipasi kenaikan lalu lintas pengguna jelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019. ”Kami sudah melakukan langkah antisipatif jelang pilpres,” kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya.

Yessie melanjutkan, persiapan jaringan ini dilakukan dalam menghadapi kemungkinan peningkatan layanan pada Ramadan dan Lebaran 2019. ”Karena ini berdekatan dengan Ramadan dan Lebaran, maka kami antisipasi ini sudah sekalian masuk persiapan jaringan Lebaran,” ujarnya.

Ia memperkirakan lalu lintas pengguna data akan meningkat, terutama dari layanan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan pesan singkat instan seperti WhatsApp, Telegram, LINE. ”Kami juga akan monitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, seperti kantor KPU, Media Center serta area Ring 1,” kata Yessie.

Ia memproyeksikan kenaikan trafik data bisa mencapai sekitar lima persensepuluh persen dengan kenaikan layanan suara dan SMS tiga persen. Lokasi kenaikan trafik kemungkinan terjadi di kota besar, terutama ibu kota Jakarta dan kota penyangga sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi serta ibu kota-ibu kota provinsi.

Kenaikan lalu lintas ini kemungkinan terjadi di kota-kota kecil di berbagai daerah, seiring tingginya antusiasme masyarakat atas berlangsungnya pesta demokrasi.

Saat ini lalu lintas normal untuk layanan data XL Axiata di hari kerja biasa rata-rata sekitar 9.300 TB dengan layanan suara sekitar empat juta menit dan 71 juta untuk SMS. (med/feb/ py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here