170 Pengendara Nakal Ditilang Polisi

by -1 views

METROPOLITAN – Sebanyak 170 pengguna kendaraan ter­jaring operasi keselamatan lodaya 2019 Polres Sukabumi Kota. Sebagian besar pelang­garan yang dilakukan adalah perilaku saat berkendara yang dinilai dapat membahayakan orang lain.

Kanit Turjawali Sat Lantas Pol­resta Sukabumi Kota, Iptu Ratno Panji Setiaji, menjelaskan, dari 170 orang tersebut, 120 orang mendapatkan teguran dan 50 orang mendapatkan tilang. Ada­pun pengendara yang dikenai tilang yaitu tidak menggunakan helm berjumlah 20 orang, pengen­dara membawa kendaraanya melawan arus 15 orang, pengen­dara di bawah umur 9 orang, tidak menggunakan sabuk pengaman untuk roda empat satu orang dan menggunakan handphone saat berkendara satu orang. ”Sebetulnya dalam operasi kali ini kita menekankan pada sisi sosialisasi dan pering­atan. Namun, apabila pelang­garan tersebut dianggap serius maka akan dikenai dengan pe­nilangan,” ujarnya.

Panji menuturkan, operasi keselamatan lodaya 2019 di wilayah hukum Polres Suka­bumi Kota berlangsung selama 14 hari dimulai sejak tanggal 3 Mei 2019 – 16 Mei 2019. Ope­rasi ini bertujuan untuk mem­berikan kesadaran dan keama­nan berlalu lintas bagi peng­guna jalan menjelang bulan ramadan dan lebaran nanti. ”Tujuannya untuk meningkat­kan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lin­tas guna terciptanya keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kam­seltibcar) lalu lintas dalam rangka cipta kondisi pasca Pi­leg dan Pilpres serta jelang Idul Fitri 2019,” pungkasnya. (suk/els)