Anton Ajak Jaga 4 Pilar Kebangsaan

by -3 views

Anggota MPR RI, Anton Sukartono Suratto, mengajak warga Desa Nagrak bersama-sama menjaga empat pilar kebangsaan yakni menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Anton menyampaikan hal itu sebagai sosialisasi empat pilar kebangsaan, Sabtu (6/4).

EMPAT pilar kebangsaan adalah pilar yang menjadikan Indonesia menjadi negara yang utuh, negara yang besar, ne­gara yang bersatu,” ujarnya.

Pancasila, menurut Anton, sangat ideal untuk Indonesia yang sangat kaya akan perbemerupakan ideologi yang daan. Bahkan, kata dia, ba­nyak negara yang secara serius ingin mengadopsi Pancasila untuk menata konsep hidup bernegara di negara mereka. Adapun NKRI yang juga men­jadi pilar kebangsaan, menya­tukan negara Indonesia yang terdiri dari ratusan pulau dan bahwa daerah.­

“Negara ini negara yang sang­at besar, kita punya 17 ribu pulau, 513 kabupaten dan kota, 714 suku dengan 1.100 lebih ba­hasa daerah yang berbeda-beda, beragam, bermacam dan agama yang berbeda,” katanya.

Anton mengingatkan penting­nya satu sama lain menjaga kerukunan, tidak terpecah be­lah hanya karena kepentingan politik dan golongan. Karena itu, kata dia, sangat penting bagi warga negara Indonesia mengingat kembali pilar ke­bangsaan dan menjadikannya pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara