Asah Kemampuan Siswa, Disdik Gelar Lomba Calistung

by -8 views

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) menggelar Lomba Baca Tulis Berhitung (Calistung) untuk tingkat Kota Bogor di SDN Kedungbadak 4, Kecamatan Tanahsaereal, Kota Bogor. Kepala Bidang (Kabid) Tingkat SD Dinas Pendidikan Kota Bogor, Maman Suher­man, didampingi Plt Kasi Kesiswaan SD, Jajang Koswara, langsung mem­buka lomba tersebut.

Menurut Kabid SD Disdik Kota Bo­gor, Maman Suherman, perlombaan ini dianggap penting, meski untuk tingkat provinsi telah ditiadakan. “Kami berpikir kegiatan ini bisa menga­sah kemampuan anak-anak SD, teru­tama yang baru menginjak atau duduk di kelas 1, 2 dan 3,” tuturnya.

Ia mencontohkan dengan belajar membaca, maka anak akan tumbuh dan berkembang. Kemampuan mem­baca saat menjadi petugas upacara membacakan teks UUD 45. ”Lomba Calistung ini sesuai moto Kota Bogor yaitu BOGOR BERLARI, sehingga ke depan kemampuan SDM Kota Bogor di atas daerah lain,” ungkapnya.

Begitu pula di bidang menulis. Saat ini, Maman menilai jarang melihat kemampuan anak dalam menulis huruf sambung. “Sama seperti men­ghitung, ini perlu terus diasah untuk meningkatkan kemampuan mereka mengolah angka lebih cepat dan tepat,” bebernya.

Sementara itu, Plt SD Disdik Kota Bogor, Jajang Koswara, mengatakan, Lomba Calistung SD ini pesertanya hanya murid kelas 1, 2 dan 3 se-Kota Bogor. Masing masing kecamatan cukup mengirimkan perwakilan jua­ra 1, 2 dan 3. Adapun bila ditotal, jumlah peserta mencapai 54 siswa.

”Saya berharap para murid bisa menga­sah kemampuannya di bidang Baca, Tulis dan Berhitung, sehingga mereka menjadi murid handal dan berakhlak mulia,” tandasnya. (van/ar/feb/py)