TENJOLAYA – Kecamatan Tenjolaya hingga kini belum memiliki titik sen­tral pasar tradisional dan terminal. Keinginan tersebut nampaknya bak­al terwujud. Bupati Bogor, Ade Yasin, meminta pihak kecamatan mencari­kan lahan strategis untuk dibangun pasar dan subterminal. “Memang di Kecamatan Tenjolaya belum ada pa­sar milik pemda. Ada juga pasar milik swasta,” ujar AY, sapaannya, usai meng­gelar Pasar Murah di Kecamatan Ten­jolaya, kemarin.

Ade Yasin pun menginstruksikan camat Tenjolaya segera mencarikan lahan untuk pasar dan subterminal. Jika ada, lahan tersebut milik pemerin­tah agar biaya pembangunan pasar sedikit lebih murah. Tapi, lokasinya harus strategis jangan di atas gunung. ”Saya minta lokasi yang bakal dijadi­kan pasar harus strategis. Kalau lahan sudah ada, tahun depan sudah bisa dibangun,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perda­gangan dan Perindustrian (Disperda­gin) Kabupaten Bogor, Dace Supri­yadi, mengatakan, pembangunan pasar masih menunggu pengadaan lahan. Jika pihak kecamatan sudah mengusulkan adanya pembangunan pasar tradisional, pemkab tentu harus menyiapkan anggarannya. Biasanya kalau tahun ini beli tanahnya, baru tahun depan dibangun. ”Standarnya lahan untuk pembangunan pasar lu­asnya 3.000 meter. Untuk anggaran pembelian lahan pasar disesuaikan harga NJOP di lokasi yang akan di­bangun,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tenjolaya, Ishak Mauri, menjelaskan, hingga saat ini pihaknya sudah memiliki satu usulan lahan seluas 15.000 meter persegi untuk dijadikan Pasar Tenjolaya dan Subter­minal Tenjolaya di Desa Tapos 1. “Ka­rena di Tenjolaya tidak ada pasar tradi­sional dan subterminal, maka di mus­renbang kita usulkan,” ujar Ishak.

Setelah lahan tersebut dibebaskan, maka jajarannya bakal menyerahkan pembuatan Detail Enginering Design (DED) ke disperdagin dan Dishub Kabupaten Bogor. “Bukan hanya DED-nya yang akan kami serahkan ke dinas terkait, tapi juga penawaran harga ke tim appraisal. Ini dilakukan sesuai prosedur dan menghindari dugaan konflik kepentingan,” tukasnya. (ads/b/els/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here