Bamsoet Sapa Dua Calon Menteri Jokowi

by -27 views

METROPOLITAN – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyinggung dua nama yang digadang bakal menjadi calon menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf. Hal itu disebut pria yang karib disapa Bamsoet pada acara buka puasa ber­sama petinggi negara di kediamannya, Widya Chandra, Jakarta, kemarin.

”Para menteri yang saya hormati bersama para calon menteri yang ha­dir di ruangan ini, saya lihat tadi ada sahabat saya, Muhammad Luthfi, Pak Bahlil,” kata Bamsoet.

Luthfi yang dimaksud adalah man­tan Mendag era SBY. Sementara Bah­lil yakni Bahlil Lahaladia, yakni ketua umum HIPMI.

Kepada tamu hadirin, khususnya Presiden Jokowi yang hadir, Bamsoet bercerita, kedua nama itu adalah sa­habat baiknya. Bersama Luthfi dan Bahlil, Bamsoet mengaku merintis kariernya di bisnis secara bersama-sama.

”Dua orang ini sama-sama merintis dari bawah, Pak (Jokowi, red). Sama-sama pernah saling pinjam, saling tukar cek, ketika kami sama-sama merintis usaha dulu. Sama-sama Er­ick (Thohir, red) juga itu,” kata Bam­soet sambil terkekeh.

Awak media yang mendengar dan melihat momen tersebut kemudian coba mengonfirmasi kepada Bamsoet. Usai Salat Magrib dan mengantar Presiden Jokowi pulang, Bamsoet mengutarakan ihwal perkataan ter­sebut hanyalah guyonan. Itu hanya joke saja, joke (candaan, red), buat selamat datang kepada para menteri dan calon menteri, gitu,” jelas Bamsoet.

Ia mengaku spontan menyebut dua nama tamu tersebut karena melihat hadir dalam undangan buka puasa bersama di kediamannya. “Paling moncer menurut saya yang selama ini menonjol yang tadi saya sebutkan itu, ada Luthfi ada Bahlil,” tuturnya.

Walau begitu, Bamsoet tidak mengi­yakan secara yakin bahwa dua nama itu akan maju dan juga tidak mem­benarkan ada perbincangan soal res­huffle saat momen berbuka. Kendati ia hanya meyakini semua keputusan ada di tangan Presiden Jokowi. ”Kan saya cuma ngomong saja, yang nen­tukan presiden,” singkatnya.

Sebagai informasi, Muhammad Luthfi disebut Bamsoet adalah seorang mantan menteri perdagangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan Bahlil adalah ketua HIP­MI yang juga bagian struktural Tim Kampanye Nasional (TKN) 01. (mdk/els/run)

Loading...